Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Diet Alkalin, Apakah Baik untuk Tubuh ?

Diet Alkalin, Apakah Baik untuk Tubuh ?

Jakarta – Diet alkalin memang belum setenar diet mayo ataupun OCD. Namun, ampuhkah jenis pengaturan makan yang berfokus pada penyeimbangan asam dan basa dalam tubuh ini?

Diet Alkalin, Apakah Baik untuk Tubuh ?

Ilustrasi

Diet alkalin merupakan pola makan yang berfokus pada makanan yang bersifat basa dan menghindari makanan asam seperti buah-buahan sitrus.

“Ada juga yang bilang hindari makan buah setelah makan karena sifatnya basa. Tak ada cerita seperti itu,” ungkap dr. Samuel Oetoro, MS SpGK (K) dalam peluncuran Herbilogy, Selasa (18/7/17).

dr Samuel juga menjelaskan jika pada dasarnya lambung bisa menampung segala jenis makanan. Dalam organ tersebut, terdapat HCl (asam lambung) yang bertugas untuk menghancurkan makanan yang masuk. Karena bersifat kuat, semua makanan yang dihancurkan akan menjadi asam.

Setelah hancur, makanan akan diturunkan ke organ usus 12 jari yang memiliki enzim pencernaan yang bersifat basa. Di tempat inilah makanan menjadi netral karena adanya percampuran antara basa dan asam.

“Saat sari makanan diserap ke dalam darah, maka sifatnya sudah netral,” lanjutnya.

Tetapi, beberapa orang memiliki kadar basa atau asam yang lebih tinggi. Mengapa demikian?

Baca juga: 3 Cangkir Kopi Sehari Perkuat Imun Tubuh

“Biasanya itu karena fungsi paru-paru dan ginjalnya sudah rusak sehingga darahnya bisa bersifat condong salah satu. Solusi yang diberikan adalah memberikan cairan yang sifatnya berlawanan,” ujar dokter yang praktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi ini. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Lima Cara Ini Terbukti Jitu Dalam Mengontrol Gula Darah

Lima Cara Ini Terbukti Jitu Dalam Mengontrol Gula Darah

Jakarta – Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama seseorang menderita ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135