Home > Gaya Hidup > Tips > Mengapa Saat Berciuman Kepala Kita Refleks Ke Kanan ?

Mengapa Saat Berciuman Kepala Kita Refleks Ke Kanan ?

Jakarta – Saat berciuman, kepala kita seringkali refleks miring ke kanan. Mungkin tidak semua orang melakukannya tapi yang terjadi seringkali seperti itu. Kira-kira kenapa bisa demikian?

Mengapa Saat Berciuman Kepala Kita Refleks Ke Kanan ?

Ilustrasi

Terdapat penjelasan ilmiah terkait hal ini. Seperti dilansir dari vemale.com, Rabu (19/7/2017), ada penelitiam yang menyebutkan bahwa ada pengaruh cognitive science (kajian tentang pikiran dan cara bekerjanya) dan neuroscience (kajian tentang struktur dan fungsi sistem saraf dan otak) pada kebiasaan ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Aksi Ini Terjadi di Bawah Sadar
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria umumnya yang melakukan inisiatif terlebih dahulu untuk berciuman daripada wanita. Saat akan berciuman, pria akan memiringkan kepalanya ke kanan. Hal ini terjadi sebagai aksi di bawah sadar yang tidak dibuat-buat.

Sudah Merupakan Hal yang Alamiah
Sebagian besar manusia memiliki kecenderungan untuk bergerak ke arah kanan. Saat di dalam rahim sekalipun, janin biasanya akan menggerakkannya kepalanya ke kanan. Dan ketika sudah dewasa, kita akan terbiasa melakukan segalanya dengan memulainya dari kanan. Meski mungkin untuk yang bertangan kidal, hal ini bisa berbeda.

Sebagian Besar Pasangan Secara Alami Berciuman dengan Kepala Miring ke Kanan
Dalam sebuah penelitian, para peneliti meminta sejumlah pasangan untuk berciuman. Hasilnya, sebagian besar pasangan langsung memiringkan kepalanya ke kanan ketika akan berciuman. Baik yang memulai ciuman maupun yang menerima ciuman, mereka refleks memiringkan kepala ke kanan.

Pengaruh Aktivitas Otak
Meski seringkali tidak disadari, tapi sebagian besar aktivitas otak mengarahkan gerakan ke kanan. Apalagi saat yang mengawali ciuman itu menggerakkan kepala ke kanan, maka yang menerima ciuman pun akan ikut menggerakkan kepalanya ke kanan secara alamiah.

Pengaruh Hormon
Para peneliti juga mengaitkan soal ini dengan hormon seperti testostern dan neurotransmitter seperti dopamin. Tapi hal ini bisa berbeda pada sejumlah orang khususnya yang bertangan kidal atau yang lebih sering melakukan aktivitas dengan tangan kiri.

Baca juga: Tips Perawatan Kecantikan Untuk Calon Pengantin

Secara umum, hal ini bisa terjadi karena memang merupakan naluri dan alamiah terjadi. Meski kasusnya mungkin berbeda pada sejumlah orang seperti yang memiliki tangan kidal, dan sebagainya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Tips Mendapatkan Kebugaran Seperti Pemain Sepakbola

Tips Mendapatkan Kebugaran Seperti Pemain Sepakbola

Jakarta – Siapa yang tak ingin memiliki stamina para pemain sepak bola? seperti yang kita ...