Home > Ragam Berita > Nasional > Tidak Mendukung UU Pemilu, PAN Disarankan Mundur dari Kabinet Kerja

Tidak Mendukung UU Pemilu, PAN Disarankan Mundur dari Kabinet Kerja

Jakarta – Partai koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-JK menyarankan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mundur dari Kabinet Kerja lantaran tidak sejalan dengan pemerintah terkait UU Pemilu.

Tidak Mendukung UU Pemilu, PAN Disarankan Mundur dari Kabinet Kerja

Anggota Dewan Pakar Partai Nasdem, Teuku Taufiqulhadi, menyarankan agar PAN menarik diri dari Kabinet Kerja terkait sikapnya dalam rapat paripurna pengesahan UU Pemilu, pada Kamis (20/7/2017) lalu.

“Saya menasihati saja ya. Saya menasihati PAN, PAN lebih baik mengundurkan diri saja dari kabinet,” kata Taufiqulhadi kepada wartawan, Senin (24/7/2017).

Menurut Taufiqulhadi, saran yang diberikannya ini untuk kebaikan PAN sendiri agar publik tidak menilai PAN hanya mencari untung saja bergabung dengan koalisi pemerintahan.

Seperti diketahui, PAN diberi satu kursi dalam Kabinet Kerja, yakni MenPAN-RB Asman Abnur, setelah PAN memutuskan untuk bergabung dengan koalisi parta pendukung pemerintahan.

Taufiqulhadi juga menyinggung bagaimana posisi PAN di Pilpres 2014 lalu yang menjadi lawan pasangan Jokowi-JK.

“Dalam pilpres sebelumnya itu, sejumlah partai bergabung untuk mendukung kader PAN sebagai wapres. Jadi, dalam koalisi pilpres yang lalu, PAN adalah merupakan partai utama, dia ada kadernya yang didukung partai lain,” ucap Taufiqulhadi.

“Sekarang dia meninggalkan teman-temannya hanya untuk memperoleh kursi di tempat lain. Itu adalah citranya, menurut saya tidak baik. Itu sekadar dia mengejar-ngejar kursi,” katanya.

“Ini nasihat saya, mengundurkan diri saja. Yang baik itu, itu jalan terbaik, menarik diri saja dari kabinet. Nanti dianggap partainya pragmatis sekali, mencari-cari kursi saja,” tandas Taufiqulhadi.

Sikap PAN yang sering kali berbeda dengan pemerintah membuat partai koalisi mulai berpikir lain soal PAN. Saat rapat paripurna pembahasan UU Pemilu, PAN justru ikut melakukan walk-out dengan partai non koalisi.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sulit Dikendalikan, Polisi Akhirnya Tembak Kerbau Kurban

Sulit Dikendalikan, Polisi Akhirnya Tembak Kerbau Kurban

Jakarta – Seekor kerbau kurban yang mengamuk ditembak polisi di Jl Beringin, Pondok Gede, Bekasi, ...