Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Cegah Demensia dengan 1 Jeruk Sehari

Cegah Demensia dengan 1 Jeruk Sehari

Jakarta – Buah jeruk bukan hanya mampu menyegarkan dan merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Jeruk kini diklaim dapat memberikan manfaat medis tertentu.

Cegah Demensia dengan 1 Jeruk Sehari

Jeruk

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (25/7/2017), penelitian baru yang dilakukan di Jepang menemukan jika mengonsumsi satu jeruk sehari dapat mengurangi risiko demensia.

Tim ahli menemukan jika buah jeruk termasuk lemon dan limau dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit yang menyerang ingatan, mempengaruhi pribadi dan penalaran seseorang. Jeruk diklaim dapat membantu mencegah kerusakan otak yang menyebabkan demensia atau Alzheimer.

Mengapa bisa demikian? Ini karena asam memiliki sifat yang mengandung nobiletin kimiwai yang telah terbukti memperlambat atau membalikkan penurunan ingatan.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 13 ribu pria paruh baya selama lebih dari tujuh tahun. Mereka yang makan buah jeruk setiap hari cenderung kurang mengalami demensia sebesar 23 persen dibandingkan mereka yang kurang makan buah jeruk.

Baca juga: Kolesterol Sebenarnya Tidak Seburuk Kata Orang

Beberapa penelitian menunjukkan jeruk dapat memiliki efek pencegahan terhadap gangguan kognitif. Namun, tidak ada penelitian yang meneliti hubungan antara konsumsi jeruk dan tingkat demensia, ujar sang peneliti. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Jakarta – Pada Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan ‘pesta makan daging kambing’ karena ...