Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 6 Langkah Alami Atasi Sakit Kepala

6 Langkah Alami Atasi Sakit Kepala

Jakarta – Ketika sakit kepala menyerang, kebanyakan orang akan meminum obat pereda sakit kepala untuk dapat melenyapkan rasa sakit secepat mungkin. Tetapi, obat tersebut sebenarnya tak perlu digunakan untuk setiap kali Anda sakit kepala.

6 Langkah Alami Atasi Sakit Kepala

Sakit Kepala

Perubahan gaya hidup serta obat alternatif alami bisa meredakan nyeri pada kepala. Penggunaan obat sakit kepala secara berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah termasuk depresi dan kecemasan.

Kerapkali, ketika reaksi obat habis, sakit kepala masih terasa sehingga Anda akan meminum lagi obat melebihi dosis. Demi menghindari penggunaan obat berlebihan, ada solusi alami seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (27/7/2017) berikut ini:

1. Ganti kebiasaan kesehatan Anda

Sakit kepala sebenarnya merupakan indikator bahwa tubuh kehilangan sesuatu seperti cukup air, vitamin atau tidur. Stres, kelelahan, alergi, postur tubuh yang buruk, alkohol, gula darah rendah dan hormon juga dapat memicu sakit kepala. Perubahan gaya hidup dapat membantu menghentikan sakit kepala. Periksa seberapa banyak asupan air dan waktu tidur Anda.

2. Satu bungkus es

Banyak orang yang mengalami migren dan sakit kepala mengalami penurunan rasa sakit dengan menggunakan satu bungkus atau pak es. Caranya, letakkan kain atau lap di antara kepala dan es untuk mencegah luka bakar.

3. Cabai rawit

Capsaicin dalam cabai rawit baik untuk mengobati rasa sakit dan pembengkakan. Studi telah menemukan cabai rawit dapat meredakan sakit kepala dan melemaskan otot Anda.

4. Teh herbal

Teh yang enak bisa menimbulkan efek mengejutkan bahkan pada sakit kepala yang parah. Peppermint telah terbukti menenangkan ketidaknyamanan yang terkait dengan sakit kepala. Kayu manis yang memiliki sifat anti peradangan juga bisa meredakan sakit perut, gejala yang biasa hadir bersamaan dengan sakit kepala.

5. Minyak esensial atau aromatik

Berbagai minyak esensial aromatik bisa menjadi perawatan sakit kepala yang efektif. Pepermint yang digosok di sepanjang sinus dapat memberikan kelegaan untuk sakit kepala akibat sinur. Lavender dapat mengatasi sakit kepala khususnya migren.

Baca juga: 6 Situasi Kerja yang Bisa Memicu Stres

6. Olahraga

Olahraga efektif untuk mengurangi frekuensi sakit kepala. Sakit pada tumit yang terjadi saat berjalan dapat menciptakan gelombang tekanan yang meningkatkan jumlah darah ke otak. Ketika berjalan sejenak, Anda otomatis akan istirahat melihat layar komputer dan ini memberikan relaksasi di mata dan otot wajah. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Perhatikan, Sayur Ini Malah Bisa Membuat Anda Gemuk!

Perhatikan, Sayur Ini Malah Bisa Membuat Anda Gemuk!

Jakarta – Siapa sangka sayuran yang menjadi satu jenis makanan dan sangat diperlukan bagi tubuh, ...