Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri Tjahjo Ungkap Alasan Pemerintah Tegas Bubarkan HTI

Menteri Tjahjo Ungkap Alasan Pemerintah Tegas Bubarkan HTI

Jakarta – Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menepis tuduhan yang menuding pemerintah saat ini bersikap represif karena membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tanpa proses pengadilan dan hanya menggunakan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas. Tjahjo menegaskan, langkah pemerintah menerbitkan perppu serta membubarkan HTI justru demi kepentingan bangsa dan negara.

Menteri Tjahjo Ungkap Alasan Pemerintah Tegas Bubarkan HTI

HTI

“Pemerintah ingin hadir. Pemerintah menyelamatkan bangsa dan negara, bukan membela satu ormas, kelompok atau golongan,” ucap Tjahjo di Jakarta Jumat (28/7/2017).

Politikus senior asal PDI-P tersebut menegaskan, pemerintah sebenarnya memberikan hak seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berserikat. Namun, lanjutnya, siapa pun di Indonesia harus menghormati Pancasila sebagai dasar negara.

“Sebagai organisasi yang ada di Indonesia ya harus ikut aturan negara. Dasar negara Pancasila sudah final, NKRI negara kesatuan sudah final, ber-Bhinneka Tunggal Ika dan punya landasan UUD 1945. Itu saja kok,” tambah Tjahjo.

Baca juga: Bertemu CEO Buka Lapak, Sandiaga Uno Lemparkan Pujian

Seperti yang sebelumnya diberitakan, HTI dan sejumlah elemen lainnya memprotes langkah pemerintah menerbitkan Perppu Ormas. Terlebih pemerintah langsung menerapkan perppu yang merevisi UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas itu untuk membubarkan HTI yang mengusung konsep khilafah. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Agar Tak Nyasar Seperti Habiburokhman, Simak Rute di Simpang Susun Semanggi Ini

Agar Tak Nyasar Seperti Habiburokhman, Simak Rute di Simpang Susun Semanggi Ini

Jakarta – Nyasarnya Ketua Bidang Advokasi Gerindra Habiburokhman saat melintas di Simpang Susun Semanggi, tentu ...