Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Manfaat Demam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Demam Bagi Kesehatan Tubuh

Jakarta – Demam merupakan salah satu kondisi yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Tetapi, bukan berarti gejala tersebut selalu berdampak negatif.

Manfaat Demam Bagi Kesehatan Tubuh

Demam

Dalam kondisi tertentu, demam terjadi karena tubuh sedang berjuang untuk melawan gangguan yang masuk dalam tubuh. Berikut adalah alasan mengapa demam membuat tubuh akan menjadi lebih baik setelahnya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (29/7/2017):

1. Membuat sistem imun lebih baik

Sistem imun yang lebih baik membantu tubuh lebih sehat, melawan patogen dan membuat bagian dalam tubuh lebih terkontrol. Intinya, tubuh menjadi semakin jarang sakit. Itulah salah satu manfaat dari demam.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Divisi Imunologi di Roswell Park Cancer Institute menyebitkan bahwa demam dapat membantu meningkatkan fungsi imun dalam tubuh.

2. Menghancurkan virus

Virus dapat mengendap-endap ke dalam sistem imun dan merusak bagian dalam tubuh. Misalnya, pilek biasa dapat menjadi hepatitis karena adanya infeksi tertentu. Sel limfosit CD8+ sitoksik T adalah sel imun ampuh yang dapat membunuh virus dan menghentikan perkembangan sel tumor.

Ketika suhu tubuh meningkat, maka produksi sel tersebut akan dihalangi sehingga tubuh menjadi mampu menangkis infeksi tersebt. Sel pelawan virus tersebut bernama interferon. Beberapa studi menyebutkan bahwa demam dapat membantu meningkatkan produksi interferon dalam tubuh.

3. Meningkatkan sistem imun inheren

Sistem imun inheren bertanggung jawab dalam menghasilkan sel imun untuk melawan infeksi, mengidentifikasi bakteri dan patogen lain, menghilangkan benda asing dan lain-lain. Sistem imun ini ikut terisi ulang ketika manusia mengalami demam.

4. Mengobati kanker

Demam atau hipertermia diketahui juga dapat menyembuhkan beberapa jenis kanker. Hipertermia khusus di atas 400 C umumnya digunakan secara langsung untuk menghancurkan sel kanker dan dapat meningkatkan aktivitas anti-tumor dalam sistem imun manusia.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Terkait Bentol di Kulit Anda

Meski demikian sebaiknya segera menemui tenaga profesional saat Anda mengalami demam, terutama bila lebih dari 40 derajat Celcius. Membiarkan demam tak diobati dapat memberi dampak fatal. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Turunkan Berat Badan dengan Banyak Minum Air Putih

Turunkan Berat Badan dengan Banyak Minum Air Putih

Jakarta – Minum air mineral atau putih bukan hanya baik untuk metabolisme dan konsentrasi, namun ...