Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Gigi Mendadak Ngilu ? Lakukan Ini

Gigi Mendadak Ngilu ? Lakukan Ini

Jakarta – Salah satu hal yang mengganggu ketika makan adalah gigi ngilu yang datang mendadak. Apabila demikian, apa yang harus dilakukan?

Gigi Mendadak Ngilu ? Lakukan Ini

Ilustrasi

“Cobalah berkumur dengan air biasa supaya menetralkan dan hindari yang memgandung bahan sitrus atau asam,” jawab drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio dalam peluncuran Sensodyne Repair & Protect baru, Jumat (28/7/2017).

Tak hanya itu, cara lain adalah dengan makan yogurt yang dapat menetralkan asam berlebih yang menngenai lapisan gigi untuk mengurangi rasa ngilu.

Gigi ngilu adalah pertanda dari gigi sensitif, gangguan yang diakibatkan oleh resesi gusi dan erosi enamel gigi. Gigi sensitif mulai terjadi saat lapisan kedua gigi (dentin) mulai terbuka.

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mengalami gigi ngilu secara berkelanjutan adalah memastikannya apakah gangguan tersebut tergolong gigi sensitif.

“Bila terjadi selama lebih dari 14 hari, sebaiknya periksa ke dokter gigi apakah itu gigi sensitif atau bukan,” ungkap pemilik sekaligus direktur Divine Dental Clinic Jakarta tersebut seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (30/7/2017).

Baca juga: Dampak Buruk Musim Kemarau Bagi Kesehatan

Apabia positif mengalami gigi sensitif, drg. Handini menyarankan agar menggunakan pasta gigi dengan kandungan NovaMin dimana bahan tersebut akan membentuk lapisan pelindung keras hingga 50 persen untuk menutupi dentin yang terbuka dan membentuk kembali mineral alami gigi untuk memberikan perlindungan lebih lama. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

MUI Tak Haramkan Imunisasi

MUI Tak Haramkan Imunisasi

Jakarta – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni’am, menegaskan bahwa pemberian imunisasi ...