Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah 3 Makanan Asam dengan Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Inilah 3 Makanan Asam dengan Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Jakarta – Makanan manis atau asin mungkin lebih banyak digemari. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi makanan yang asam.

Inilah 3 Makanan Asam dengan Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Makanan Asam

Makanan yang asam pada umumnya rendah kalori dan lemak. Selain itu, makanan yang memiliki rasa asam juga dapat memiliki manfaat kesehatan tersendiri.

Berikut ini ulasan tiga makanan asam yang mengandung manfaat kesehatan luar biasa seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (30/7/2017):

1. Grapefruit

Buah ini bukanlah anggur atau jeruk Bali. Grapefruit merupakan buah sejenis jeruk yang memiliki kulit berwarna oranye dengan daging merah keunguan seperti anggur. Penelitian menemukan bahwa jus buah ini tidak hanya membantu mengurangi berat badan daripada hanya minum air putih, namun juga dapat menurunkan glukosa darah.

Buah ini juga menyediakan sekitar seperlima dari kebutuhan vitamin A harian Anda yang penting untuk penglihatan dan kulit, serta lycopene yang dapat melindungi fungsi hati. Namun, hati-hati karena grapefruit dapat mengganggu pengobatan medis tertentu.

2. Kefir

Kefir merupakan salah satu jenis yogurt yang memiliki tekstur lebih cair dan mengandung probiotik enam kali lebih banyak daripada yogurt. Konsumsi probiotik secara teratur dapat mengurangi gejala demam, serta menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti E.coli dan membantu mencegah infeksi.

Kefir memang memiliki rasa yang lebih asam daripada yogurt. Anda bisa menambahkan sedikit madu atau smoothies buah untuk mengurangi keasamannya.

Baca juga: Ubah Gaya Lari untuk Bantu Bakar Lebih Banyak Kalori

3. Buah ceri

Buah kecil ini memiliki rasa asam dan manis. Warna merahnya berasal dari anthocyanin, senyawa anti peradangan yang efektif dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan jus buah ceri dapat mengurangi peradangan akibat olahraga
secara signifikan, mengurangi kerusakan otot dan mempercepat pemulihan.

Peneliti juga telah menemukan ceri dapat mengurangi peradangan seperti asam urat dan osteoarthritis atau radang sendi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...