Home > Ragam Berita > Nasional > Tjahjo Kumolo Tegaskan Pemerintah Belum Setejui 314 Usul Pemekaran Daerah

Tjahjo Kumolo Tegaskan Pemerintah Belum Setejui 314 Usul Pemekaran Daerah

Jakarta – Belum lama ini, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) meminta pemerintah mengabulkan 314 usul pemekaran daerah. Namun, hal tersebut belum bisa dipenuhi. Sebab, pemerintah masih melakukan moratorium pemekaran daerah baru.

Tjahjo Kumolo Tegaskan Pemerintah Belum Setejui 314 Usul Pemekaran Daerah

Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pun merespons permintaan tersebut. “Saya kira belum ada (pencabutan moratorium,red) pemekaran daerah. Kalau misalkan disetujui usulan pemekaran beberapa daerah, maka yang lain bisa iri nanti,” ujar Tjahjo di Jakarta Pusat pada Senin (31/7/2017) malam.

Mantan sekretaris jenderal DPP PDI Perjuangan itu menjelaskan, ada beberapa kondisi yang perlu diperhitungkan terkait usulan pemekaran sebuah daerah. Antara lain terkait anggaran.

Baca juga: Novel Baswedan Akui Belum Liat Sketsa Wajah Pelaku Penyiraman

Dia lantas mencontohkan, jika anggaran operasional bagi sebuah daerah pemekaran baru mencapai Rp 100 miliar maka ketika dikalikan dengan jumlah 314 usulan pemekaran, nilainya sangat besar. Pemerintah tentu tak bisa menanggung kebutuhan dananya.

“Itu belum anggaran bagi kejaksaan, kepolisian, TNI dan lain-lain. Jadi sangat besar. Sementara pemerintah sekarang itu juga kan punya tanggung jawab membayar bunga utang dari zaman pemerintahan sebelum-sebelumnya. Jatuh tempo itu hampir Rp 300 triliun. Makanya, proyek-proyek infrastruktur seperti LRT itu ingin diselesaikan terlebih dahulu,” ucap Tjahjo.

x

Check Also

Soal Freeport, Jokowi : "Sudah Ada Kemajuan Malah Ada Yang Ngomong Miring"

Soal Freeport, Jokowi : “Sudah Ada Kemajuan Malah Ada Yang Ngomong Miring”

Jakarta – Perihal proses akuisisi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) sebanyak 51 persen hingga kini ...