Home > Ragam Berita > Simak, Alur Pendaftaran Lowongan CPNS 2017

Simak, Alur Pendaftaran Lowongan CPNS 2017

Jakarta – Baru-baru ini sedang ramai persiapan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibeberapa jajaran pemerintahan. Salah satunya seperti yang baru saja diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada pertengahan bulan Juli 2017 kemarin.

Simak, Alur Pendaftaran Lowongan CPNS 2017

Ilustrasi Tes CPNS

Tujuan dibukanya lowongan cpns yang diumumkan oleh Kemenpan-RB adalah untuk mengisi jabatan yang kosong di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Lowongan cpns yang dibuka sebanyak 19.210 lowongan dimana pembagiannya adalah MA 1,684 lowongan dan 17.962 Kemenkumham.

Pendaftaran cpns sendiri sudah dibuka mulai hari ini, selasa (01/08/2017). Tentunya pengumuman ini menjadi kesempatan emas bagi banyak orang.

Oleh karena itu, harianindo akan memberikan informasi mengenai alur pendaftarannya :

1. Pendaftaran Online
Bagi seluruh calon peserta yang ingin mendaftar tes cpns adalah melakukan registrasi melalui situs online yang telah disediakan dialamat https://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran secara online ini berlaku hanya sampai pada tanggal 26 Agustus 2017 saja. Hal paling penting yang perlu disiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dimana nantinya dipergunakan untuk memasukkan Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di kedua kartu tersebut.

2. Username dan Password
Setelah sukses mendaftar secara online, para calon peserta tes cpns akan mendapatkan usernam beserta password dimana akan digunakan kembali ketika mengikuti tes cpns. Oleh karena itu, username dan password yang sudah dimasukkan tidak boleh sampai lupa.

3. Kartu Pendaftaran Registrasi Online
Para calon peserta tes cpns nantinya juga akan mendapatkan kartu pendaftaran registrasi online. Kartu pendaftaran tersebut nantinya harus dicetak dan digabungkan bersama berkas-berkas persyaratan pendaftaran yang lainnya.

4. Dokumen yang perlu disiapkan untuk mendaftar posisi di Mahkamah Agung
a. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia dan ditandatangani diatas materai Rp. 6000,00.
b. Fotokopi KTP
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir
d. Program Studi pelamar harus sudah terakreditasi minimal B yang disertai Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT. Persyaratan ini untuk pelamar umum dan pelamar Papua terlebih di Papua Barat.
e. Khusus pelamar dengan IPK cumlaude harus melampirkan surat keterangan yang menunjukkan pelamar berasal dari perguruan tinggi negeri atau swasta yang terakreditasi A.
f. Pas foto terbaru ukuran 4X6 cm sebanyak 4 lembar dengan latarbelakang merah serta disertai tulisan nomor registrasi online dan nama pelamar dibelakang foto tersebut.
g. Berkas-berkas persyaratan tersebut kemudian dimasukkan kedalam amplop berwarna coklat yang sudah ditempel nomor pendaftaran registrasi online dibagian sudut kanan atas amplop.

Baca juga : Awas, Banyak Beredar Informasi Palsu Perekrutan CPNS

5. Kirim Dokumen
Berkas-berkas tersebut kemudian dikirimkan kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 melalui Pos dengan alamat PO BOX 2700 Jakarta 10027. Pengiriman berkas-berkas paling lambat tanggal 26 Agustus 2017 dan sudah diterima oleh Panitia paling lambat tanggal 31 Agustus 2017.

6. Tahapan Seleksi
Seleksi administrasi digelar pada tanggal 2-31 Agustus 2017 dimana para pelamar harus menunggu pengumuman kelulusan seleksi administrasi agar dapat melanjutkan tahapan seleksi selanjutnya. Pengumuman tersebut akan diluncurkan pada tanggal 5 September 2017.

Setelah itu akan ada jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-22 September 2017. Hasil tes SKD dan SKB akan diumumkan 28 September 2017.

Selanjutnya akan ada tes bidang hukum dengan Computer Assisted Tes (CAT) BKN yang akan digelar di 30 lokasi dimana para pelamar bebas memilih lokasi tes terdekat dengan domisili. CAT BKN akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 Oktober 2017.

Rangkaian tes yang terakhir adalah spikotes, wawancara dan lain-lain yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-21 Oktober 2017. Pengumuman kelulusan akhir akan diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2017.

7. Lowongan Kemenkumham
Persyaratan untuk mengisi lowongan jabatan di Kemenkumham secara garis besar tak jauh berbeda alurnya dengan lowongan jabatan di Mahkamah Agung. Pelamar tetap harus melakukan registrasi secara online dan menunjukkan Kartu Pendaftaran yang sudah dicetak.

Bagi pelamar lulusan SLTA dan D-III diharuskan membuat surat lamaran yang diketik dan diberi tandatangan diatas materai Rp. 6.000,00.

8. Dokumen Pelamar Kemenkumham
Format surat lamaran bagi seluruh calon peserta tes untuk lowongan jabatan di Kemenkumham sudah tersedia di website resmi di https://sscn.bkn.go.id. Kemudian dokumen yang juga harus disiapkan bagi seluruh pelamar adalah sebagai berikut :

a. Fotokopi KTP
b. Fotokopi ijazah/STTB
c. Fotokopi Ijazah SD
d. Ijazah SLTP dan Ijazah SLTA
f. Surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,00
g. Pas foto terbaru ukuran 3X4 sebanyak 4 lembar

Surat lamaran beserta seluruh dokumen persyaratannya segera dikirimkan ke kantor Menteri Hukum dan HAM yang berada di Jakarta.

Namun bagi pelamar yang lulusan sarjana dapat langsung mendaftar secara online dan mengunggah seluruh dokumen persyaratannya ke website resmi di https://sscn.bkn.go.id.

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi Kantor Kementerian Hukum dan HAM di nomor (021) 5253004.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Kritikan Keras Fahri Hamzah Terkait Penunjukkan Ngabalin Sebagai Komisaris BUMN

Kritikan Keras Fahri Hamzah Terkait Penunjukkan Ngabalin Sebagai Komisaris BUMN

Jakarta – Staf Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin telah diangkat sebagai ...