Home > Teknologi > Internet > Prediksi Masa Depan Bakal Bisa Dikerjakan Oleh Robot Google

Prediksi Masa Depan Bakal Bisa Dikerjakan Oleh Robot Google

Jakarta – Perusahaan teknologi raksasa Google kini semakin melebarkan sayapnya dengan inovasi yang semakin canggih. Pasalnya, anak perusahaan teknologi raksasa tersebut, Deep Mind, mengumumkan bahwa mereka telah mulai membangun kecerdasan buatan yang dapat memprediksikan masa depan.

Prediksi Masa Depan Bakal Bisa Dikerjakan Oleh Robot Google

Bukan layaknya dukun, namun kemampuan tersebut dapat menimbang beberapa keputusan dan membuat rencana untuk masa depan tanpa instruksi dari manusia.

Mungkin terdengar biasa saja, tetapi mengimajinasikan konsekuensi dari suatu aksi merupakan tugas yang sangat sulit bagi robot.

Dilansir dari situs resmi Deep Mind, salah seorang peneliti memberikan ilustrasi seperti demikian: “Ketika meletakkan gelas di pingir meja, misalnya, kita akan berhenti sebentar untuk menilai seberapa stabil gelas dan akankah ia jatuh. Dengan basis konsekuensi yang diimajinasikan ini, kita mungkin akan menata ulang gelas tersebut agar tidak jatuh dan pecah.”

Dia juga menjelaskan, jika alogaritme kita dapat mengembangkan perilaku yang sama canggihnya, maka mereka juga akan memiliki kemampuan untuk berimajinasi dan memikirkan masa depan. Setelah itu, mereka pasti bisa menciptakan sebuah rencana berdasarkan pengetahuan ini.

Demi menciptakan teknologi ini, para peneliti Deep Mind menggabungkan beberapa pendekatan sekaligus. Dua di antaranya adalah reinforcement learning yang berarti belajar melalui percobaan dan deep learning yang meniru cara otak manusia menyimpan informasi raksasa dalam bentuk jaringan.

Baca juga: Google Bakal Segera Rilis VR Terbaru Dalam Ajang I/O 2017

Alhasil, sistem tersebut mampu menggabungkan percobaan dengan simulasi sehingga ia dapat mempelajari lingkungannya dan berpikir sebelum mengambil keputusan. (Rere – haeianindo.com)

x

Check Also

Cloud Google One Resmi Dirilis di Amerika

Cloud Google One Resmi Dirilis di Amerika

Jakarta – Google awal tahun ini mengumumkan akan melakukan rebranding platform penyimpanan cloud-nya sebagai Google ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135