Home > Unik > Unik, Hiu Ini Hanya Sebesar Telapak Tangan dan Mengeluarkan Sinar

Unik, Hiu Ini Hanya Sebesar Telapak Tangan dan Mengeluarkan Sinar

Jakarta – Spesies hiu langka yang baru-baru ini ditemukan bernama Etmopterus lailae yang hidup di kedalaman 300 meter, hanya seukuran telapak tangan dengan berat kurang dari 900 gram.

Unik, Hiu Ini Hanya Sebesar Telapak Tangan dan Mengeluarkan Sinar

Uniknya, spesies baru yang ditemukan diKepulauan Hawaii Barat Laut merupakan hiu yang dapat bersinar dalam kegelapan.

Professor Stephen Kajiura dari Atlantic University, menulis dalam jurnal Zootaxa , menyatakan, terdapat sekitar 450 spesies hiu di dunia dan penemuan spesies baru sangatlah langka.

Ia merasa sebagian besar dari keragaman hayati juga masih belum dikenal oleh manusia. Oleh karena itu, menurutnya penemuan spesies baru ini sangat mendebarkan bagi semua orang.

Tambahnya lagi, spesies ini sangat minim diteliti karena kendala ukuran dan tempat tinggalnya yang sangat dalam.

Ternyata, E lailae hanya pernah ditemukan sekali oleh para peneliti sekitar 17 tahun yang lalu dan sejak saat itu, belum ditemukan spesimen E lailae yang masih hidup.

Jika dibandingkan dengan spesies Etmopterus lainnya, E lailae tidak memiliki sisik di bawah moncong, giginya juga lebih sedikit, dan jumlah tulang belakangnya pun berbeda. Selain itu, spesimen ini juga bisa dikenali dari tanda panggul ventral ke depan dan ke belakang.

Baca juga: Langka, Wujud Ikan Ini Mirip Alien

Yang paling unik dari spesies ini, sebagai anggota Etmopterus yang dikenal sebagai hiu lentera, E lailae juga bisa bersinar dalam kegelapan menggunakan bagian belakang perutnya. Hal tersebut berfungsi untuk menarik mangsa, kamuflase, bahkan untuk menarik perhatian dari pasangan. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Mengapa Kucing Kaget Saat Melihat Mentimun ? Simak Penjelasan Pakar

Mengapa Kucing Kaget Saat Melihat Mentimun? Simak Penjelasan Pakar

Jakarta – Kebanyakan dari kita pasti penasaran mengenai kucing yang ternyata takut mentimun. Penasaran kan ...