Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Bukan Mistis, Studi Terbaru Menjelaskan Proses Keluar Dari Tubuh

Bukan Mistis, Studi Terbaru Menjelaskan Proses Keluar Dari Tubuh

Jakarta – Pengalaman keluar dari tubuh atau out-of-body experience yang biasa disebut OBE selama ini dianggap sebagai sesuatu yang berkaitan dengan spiritualitas dan mistik.

Bukan Mistis, Studi Terbaru Menjelaskan Proses Keluar Dari Tubuh

Orang-orang yang mengalami OBE mengaku bahwa rasanya seakan melayang keluar dari tubuh dalam keadaan mimpi sadar. OBE juga seringkali dialami ketika seseorang hampir mati atau dalam trauma fisik yang luar biasa.

Ternyata, studi terbaru oleh Aix-Marseille Université di Perancis memberikan penjelasan ilmiah terkait hal tersebut.

Dalam jurnal Cortex disebutkan, OBE ternyata lebih sering dialami oleh orang-orang yang sering merasa pusing dan memiliki gangguan pada bagian dalam telinganya atau gangguan vestibular tipe perifer.

Penelitian yang dipimpin oleh Christophe Lopez ini membandingkan 210 orang yang sering mengalami pusing dengan 210 orang lain yang tidak memiliki sejarah pernah pusing akibat gangguan vestibular tipe perifer.

Hasilnya, 14% dari partisipan yang mengalami pusing pernah merasakan OBE. Angka ini turun menjadi 5% di antara partisipan yang sehat. Lalu, mayoritas pasien juga merasakan OBE pertamanya setelah merasakan pusing pertama akibat gangguan vestibular tipe perifer.

Hasilnya, peneliti menduga bahwa OBE disebabkan oleh sistem vestibular di dalam telinga yang membantu mengontrol keseimbangan dan gerakan mata.

Sehingga ketika sistem ini terganggu, pasien biasanya akan merasa pusing, sekelilingnya berputar, susah menfokuskan mata, hingga sensasi melayang.

Selain itu, peneliti juga mendapatkan hasil bahwa mayoritas pasien yang pernah mengalami pusing dan OBE ialah mereka yang pernah didiagnosa dengan gangguan kecemasan (anxiety), depresi, migrain, dan depersonalisasi.

Baca juga: Inilah Penjelasan Ilmiah Tentang Tindihan Atau Tidur Ditindih Makhluk Halus

Dalam jurnal para peneliti juga menjelaskan, secara bersamaan, data yang merekaproleh menunjukkan bahwa OBE pada pasien yang mengalami pusing terjadi akibat kombinasi dari inkoherensi persepsi yang disebabkan oleh gangguan vestibular tipe perifer dengan faktor-faktor psikologi dan neurologi. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135