Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Hati-Hati! Singkong Ternyata Termasuk Makanan Paling Beracun di Dunia

Hati-Hati! Singkong Ternyata Termasuk Makanan Paling Beracun di Dunia

Jakarta – Bagi masyarakat Indonesia, singkong menjadi salah satu makanan pokok di sejumlah wilayah di Tanah Air. Namun yang harus diingat, singkong dapat berbahaya bagi tubuh bila tidak tepat dalam mengolahnya.

Hati-Hati! Singkong Ternyata Termasuk Makanan Paling Beracun di Dunia

Seperti akar tanaman umbi-umbian lainnya, akar singkong juga mengandung zat anti-nutrisi dan racun. Residu sianida yang tertinggal dapat menyebabkan keracunan sianida akut, yang bisa membuat kelumpuhan parsial.

Selain singkong, ada beberapa makanan lainnya di dunia yang juga mengandung racun bila tidak tepat dalam menanganinya.

Webcaps

Bila Anda gemar mengkonsumsi makanan yang terbuat dari jamur, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih jamur. Jamur webcaps yang merupakan spesies jamur dari jamur Cortinarius, disebut sebagai satu dari dua jenis jamur paling beracun di dunia.

Teh urushi

Tidak seperti tanaman teh lainnya yang dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan, Teh Urushi mengandung getah beracun yang bernama urushiol. Getah ini diketahui berwarna kuning keabu-abuan.

Lima Beans
Jenis kacang-kacangan ini biasa dikenal dengan nama ‘butter beans’ karena teksturnya yang bertepung dan licin. Jenis kacang ini mengandung zat sulfites, yakni zat pengawet yang biasa terdapat pada makanan olahan siap saji seperti salad. Mereka yang sensitif terhadap zat ini akan merasakan jantung berdebar kencang, sakit kepala, hingga disorientasi, bila memakannya. (samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Salmon Saus Tiram, Masakan Lezat dengan Gizi Terbaik

Resep Salmon Saus Tiram, Masakan Lezat dengan Gizi Terbaik

Jakata – Salah satu ikan dengan gizi terbaik adalah ikan salmon. Nah, ikan ini bisa ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135