Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Ini Yang Sebaiknya Dilakukan Bila Anak Demam

Ini Yang Sebaiknya Dilakukan Bila Anak Demam

Jakarta – Bila anak demam, apalagi yang masih berusia di bawah satu tahun, biasanya orang tua langsung panik sehingga tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau melakukan hal yang salah kepada anak.

Ini Yang Sebaiknya Dilakukan Bila Anak Demam

Sebelumnya yang perlu diketahui, definisi demam biasanya bila suhu tubuh telah melewati batas normal 37,5 derajat Celcius.

Gejala yang menyertai demam yakni tubuh berkeringat, gemetar, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, atau lemas. Pada anak, demam biasanya terjadi karena reaksi tubuh terhadap infeksi.

Untuk anak berusia di bawah 6 bulan sebaiknya segera di bawa ke dokter bila suhu tubuh telah mencapai 38 derajat Celcius. Sedangkan untuk anak di atas 6 bulan, bila tubuhnya demam lebih dari 24 jam sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Untuk tindakan awalnya, orang tua perlu memastikan sang buah hati tidak mengalami dehidrasi dengan memberinya cukup minum air putih meski ia tidak merasa haus.

Setelah itu, kompres dengan air biasa atau agak dingin namun pastikan anak tidak merasa kedinginan, dan tutupi dengan selimut.

Untuk obat, beri dia penurun panas untuk sementara sebelum dibawa ke dokter bila diperlukan. (samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135