Home > Ragam Berita > Nasional > Dugaan Kriminalisasi Ulama, Presidium Alumni 212 Tagih Janji Komnas HAM

Dugaan Kriminalisasi Ulama, Presidium Alumni 212 Tagih Janji Komnas HAM

Jakarta – Hari ini Presidium Alumni (PA) 212 memiliki rencana untuk mendatangi Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk menagih hasil rekomendasi yang dikeluarkan Komnas HAM tentang dugaan kriminalisasi terhadap aktivis dan ulama.

Dugaan Kriminalisasi Ulama, Presidium Alumni 212 Tagih Janji Komnas HAM

Slamet Maarif selaku Ketua PA 212 kali ini memberikan keterangan tertulis yang berisi, “Karena ketidakadilan dan tindakan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh rezim pemerintahan Jokowi, dengan menangkap dan mengkriminalisasi para ulama dan aktivis, juga membubarkan ormas masuk dalam kategori pelanggaran HAM,”

Sejak dilaporkan pada bulan lalu, para aktivis ini memang tak pernah absen untuk mengikuti jalannya penanganan kasus dengan melakukan longmarch atau kegiatan lainnya.

Slamet juga melanjutkan bahwa, “Presidium Alumni 212 telah melaporkan tindakan kesewenang-wenangan yang dilakukan aparatur negara dan terus dikawal selama dua belas minggu,”

Seperti yang telah diketahui, PA 212 memang gerakan Islam yang bergerak melalui jalur hukum untuk meminta penjelasan atas kasus dugaan kriminalisasi terhadap aktivis dan ulama.

Baca juga : Rizieq Shihab Pulang

Laporan ke Komnas HAM ini dilakukan sewaktu PA 212 masih diketuai oleh Ansufri Idrus Sambo. Namun karena sikap Sambo yang membawa nama PA 212 untuk membela Hary Tanoesudibjo (HT), posisi Sambo pun digantikan oleh Slamet Maarif.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Prabowo Tak Akan Ragu Pilih Cawapres Dari Luar PKS

Pengamat Menilai Prabowo Tak Akan Ragu Pilih Cawapres Dari Luar PKS

Jakarta – Dalam Pilpres 2019 mendatang, muncul sebuah wacana bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo ...