Home > Olahraga > Menunggu Tim Penantang Skema 3-4-3 Conte

Menunggu Tim Penantang Skema 3-4-3 Conte

London – Musim lalu Antonio Conte sukses membuat tren anyar tentang formasi baru yakni 3-4-3. Dengan adanya taktik anyar ini, Conte sukses menjuarai EPL bersama Chelsea dimusim perdananya.

Menunggu Tim Penantang Skema 3-4-3 Conte

Dimuali sejak bulan Oktober tahun lalu, pondasi ini terbukti membuat Chelsea mampu memenangkan 27 laga dari 32 pertandingan mereka.

Jamie Carragher menyebut bahwa Chelsea memberikan banyak pelajaran banyak bagi pelatih lain, termasuk soal kelemahan formasi itu.

Carragher berkata, “Melawan Chelsea dengan formasi seperti itu, ruang kosong akan selalu berada di sektor sayap belakang mereka dan Spurs sukses memanfaatkan itu,”

Bagi sejumlah pelatih, mematikan formasi 3-4-3 ialah mengganggu skema permainan mereka dan mengeksploitasi ruang kosong yang tercipta. Formasi 3-4-4 sendiri membangun skema serangan dengan mengandalkan distribusi bola dari lini tengah serta menjaga kedalaman di lini tengah saat akan mendapat serangan balik.

Distribusi bola di formasi 3-4-3 tentu saja dilakukan hanya satu pemain dan untuk Chelsea, Eden Hazard-lah pemain yang menunaikan tugas tersebut. Kekurangan inilah yang dimanfaatkan betul oleh Manchester United saat juga mengalahkan Chelsea. Berbeda dengan Spurs, Mourinho mendorong Ander Herrera sebagai pemain pengganggu bagi Hazard.

Sedangkan musim baru nanti, Chelsea harus mengakui bahwa mereka kehilangan beberapa pemain walau juga ada pemain baru yang masuk untuk menggantikan.

Apakah musim depan lebih banyak klub yang mampu jinakkan 3-4-3 Chelsea atau malah Conte sudah memiliki revolusi anyar di taktiknya tersebut?

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Dapat Rp 2,4 Miliar, Inilah Atlet Yang Bawa Pulang Bonus Paling Banyak

Dapat Rp 2,4 Miliar, Inilah Atlet Yang Bawa Pulang Bonus Paling Banyak

Jakarta – Pembagian bonus bagi para atlit di Asian Games 2018 yang berhasil memperoleh medali ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135