Home > Unik > Misteri > Kotak Makan Sudah Dikenal Sejak Jaman Manusia Purba

Kotak Makan Sudah Dikenal Sejak Jaman Manusia Purba

Jakarta – Membawa bekal dengan kotak makan saat ini merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan, baik untuk kalangan siswa bahkan karyawan sekalipun. Tahukah anda ? ternyata, tradisi membawa kotak makan sudah ada sejak zaman purba.

Kotak Makan Sudah Dikenal Sejak Jaman Manusia Purba

Pada sekitar 2.000 sampai dengan 4.000 tahun yang silam, manusia purba Eropa nampaknya tidak melewatkan makan siang mereka saat melakukan perjalanan melalui Pegunungan Alpen, Swiss. Hal tersebut dibukttikan dengan penemuan kotak kayu kecil berbentuk lingkaran pada tahun 2012 di puncak tertinggi—8.000 kaki—Pegunungan Alpen Bernese, Swiss Barat.

Para peneliti dari Max Planck Institute for the Science of Human History, Jerman dan University of York melakukan penelitian terkait kotak makan yang ditemukan itu.

Menurut para peneliti, saat penggalian, situs tersebut memiliki sejumlah artefak-gletser yang mudah luluh dan belum pernah terjamah manusia selama ribuan tahun.

Saat ditemukan, kotak itu tidak begitu menonjol dari beberapa artefak lain. Namun, saat diuji lebih lanjut, kotak tesebut mengandung banyak wawasan tentang pertanian manusia purba.

Para peneliti menjelaskan,nalisis mikroskopis dan molekuler protein dan asam lemak yang tertinggal di dalam kotak menunjukkan adanya butiran sereal. Uji serupa yang dilakukan pada artefak mengungkapkan bahwa sebagian besar kotak bekal tersebut mengandung susu atau daging.

Namun, keberadaan sereal di sekitar wilayah itu sulit ditemukan. Tanaman berkurang begitu cepat di situs arkeologi. Ini berarti, peneliti harus mempelajari molekul artefak untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kandungan penyusunnya.(Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Mistis, Driver Taksi Online Ini Mengaku Uang Dari Pelanggan Berubah Menjadi Daun

Mistis, Driver Taksi Online Ini Mengaku Uang Dari Pelanggan Berubah Menjadi Daun

Jakarta – Seorang supir taksi online baru saja mengalami sebuah peristiwa yang mistis. Supir ini ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135