Home > Unik > Inilah Fakta Tentang Bersin Yang Belum Anda Ketahui

Inilah Fakta Tentang Bersin Yang Belum Anda Ketahui

Jakarta – Bersin menjadi salah satu respon yang diberikan oleh tubuh yang bisa terjadi kapan saja. Bersin juga bisa sebagai bentuk alergi seseorang terhadap suatu benda.

Inilah Fakta Tentang Bersin Yang Belum Anda Ketahui

Terkesan sepele memang, tapi bersin tidak serta merta dapat dikendalikan atau dihentikan sesuai keinginan. Uniknya, saat bersin kita bisa memuncratkan air bersin hingga 30 kaki atau 9 meter.

Penasaran kan dengan fakta lengkapnya? Berikut beberapa fakta unik terkait bersin.

Mata Terpejam ketika Bersin

Setiap kali kita bersin, tentu secara reflek kita akan memejamkan mata. Karena jika tidak memejamkan mata, bisa jadi bola mata bisa keluar akibat kencangnya tekanan udara saat bersin. Selain itu, reflek ini juga berfungsi untuk melindungi mata dari partikel apapun yang keluar dari hidung dan mulut saat bersin.

Berbahaya untuk Gendang Telinga

Bersin yang terlalu keras ternyarta bisa membahayakan gendang telinga lho. Hal itu karena bersin bisa meningkatkan tekanan darah di bagian mata. Bahkan kejadian ini sudah pernah terjadi dalam beberapa kasus.

Bersin Menularkan Banyak Kuman

Dalam sekali bersin, seseorang bisa melontarkan sekitar 40 ribu butir air yang berisi ratusan ribu kuman. Makanya bersin yang ditahan akan memaksa bakteria kembali masuk ke dalam rongga hidung dan telinga.

Cahaya Matahari Memicu Bersin

Ternyata bersin bisa dipicu sama cahaya dan sinar matahari yang menyilaukan. Bahkan hal ini sudah mempengaruhi 10 hingga 35 persen populasi dunia.

Bersin Bisa Terjadi Dua Kali Sehari

Dilansir dari Everyday Health, normalnya orang bersin hingga dua kali sehari. Hal ini terjadi karena partikel yang terperangkap dalam saluran pernapasan tak bisa begitu saja dikeluarkan. Makanya kalian bisa bersin tanpa sebab dan nggak terjadi dalam sekali bersin.

Kamu Nggak Akan Bersin Saat Tidur

Di saat tertidur, tubuh kita dalam kondisi istirahat. Sehingga syaraf di sekitar hidung lumpuh untuk sementara waktu. Makanya kamu nggak bersin saat tidur. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Sedang Trend di China, Tantangan Berendam di Air Cabai

Sedang Trend di China, Tantangan Berendam di Air Cabai

Jakarta – Di musim panas sekarang ini, berendam di kolam air dingin tentu saja sangat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135