Home > Gaya Hidup > Kesehatan > MUI Tak Haramkan Imunisasi

MUI Tak Haramkan Imunisasi

Jakarta – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni’am, menegaskan bahwa pemberian imunisasi diperbolehkan. Hal ini disampaikan MUI terkait penolakan beberapa pihak soal imunisasi Measles Rubella (MR) yang saat ini dilakukan pemerintah di sekolah-sekolah.

MUI Tak Haramkan Imunisasi

Menurut Asrorun Ni’am, MUI sendiri telah mengeluarkan Fatwa Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi yang menyebutkan bahwa imunisasi pada dasarnya diperbolehkan karena untuk kesehatan individu dan masyarakat.

“Tetapi imunisasi yang tadi dibolehkan itu wajib menggunakan vaksin yang halal dan suci,” kata Asrorun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Asrorun menambahkan, tidak ada masalah dengan vaksinasi karena hal itu merupakan upaya untuk menjaga kesehatan dengan memasukkan virus yang telah dilemahkan guna mendapatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Terkait label halal pada vaksin, hingga saat ini MUI belum pernah menerima pengajuan hal tersebut dari pihak manapun.

“Setahu saya belum ada ajuan untuk kepentingan sertifikasi halal,” jelasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135