Home > Ragam Berita > Nasional > Didepan Kader Hanura, Jokowi Berikan Wejangan Untuk 2 Menteri Ini

Didepan Kader Hanura, Jokowi Berikan Wejangan Untuk 2 Menteri Ini

Bali – Menghadiri Rapimnas Hanura I di Bali, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat menyentil Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy serta Menristekdikti Mohammad Nasir.

Didepan Kader Hanura, Jokowi Berikan Wejangan Untuk 2 Menteri Ini

Pada acara yang berlangsung di The Stones Hotel ini, Jokowi sempat memberikan wejangan, “Saya sudah menyampaikan kepada Mendikbud juga. Misalnya agar kita ini memiliki sebuah fleksibilitas sehingga bisa merespons setiap perubahan-perubahan yang ada di dunia Mendikbud (pendidikan),”

Selanjutnya ia juga mengatakan bahwa Indonesia seharusnya sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan global. Hal itu dimulai dari dunia pendidikan.

“Tidak bisa lagi misalnya saya berikan contoh pendidikan vokasional kita pendidikan kejuruan kita, training training, training skill, kemudian perguruan tinggi dan universitas-universitas itu monoton dan rutinitas seperti yang kita hadapi. Sekarang linear seperti yang kita kerjakan seperti sekarang ini. Kita juga harus berani mengubah semuanya,” jelas Jokowi.

Selain itu pak Presiden juga mengomentari tentang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang hingga saat ini tak memiliki perubahan dalam hal jurusan.

“Saya berikan contoh misalnya SMK, sudah berapa puluh tahun yang namanya jurusan di SMK itu jurusan hanya jurusan bangunan, jurusan listrik, jurusan mesin, padahal dunia sudah berubah. Mestinya jurusan-jurusan ini juga harus diganti dengan perubahan-perubahan yang ada. Bisa saja di situ jurusan animasi, jurusan video, jurusan ritel misalnya, kenapa tidak jurusan mekatronika,” kata Jokowi.

“Kemudian di perguruan tinggi kita sudah berapa puluh tahun kita selalu jurusannya adalah jurusan yang itu-itu saja,” tandas Jokowi.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Deddy Mizwar Optimis Jokowi-Ma'ruf Bakal Menang di Jawa Barat

Deddy Mizwar Optimis Jokowi-Ma’ruf Bakal Menang di Jawa Barat

Jakarta – Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Deddy Mizwar mengaku sangat ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135