Home > Teknologi > Internet > Geoblocking, Fitur Terbaru Facebook Untuk Menangkal Konten Negatif

Geoblocking, Fitur Terbaru Facebook Untuk Menangkal Konten Negatif

Jakarta – Untuk memberantas maraknya konten-konten hoax dan negative yang bertebaran di Facebook kini facebook menciptakan fitur terbarunya bernama Geoblocking.Ternyata, fitur baru ini hanya khusus diciptakan untuk masyarakat Indonesia.

Geoblocking, Fitur Terbaru Facebook Untuk Menangkal Konten Negatif

Menurut Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ditemui dalam konferensi persnya usai bertemu dengan perwakilan Facebook, di Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017) lalu, menuturkan, terdapat banyak konten yang tidak bisa diakses oleh masyarakat Indonesia karena bertentangan dengan undang-undang.

Maka dari itu, harapan Samuel dengan fitur Facebook terbaru ini bisa mencegah masyarakat mengakses konten-konten negative tersebut.

Semuel menambahkan, Indonesia memiliki aturan yang melarang konten-konten tertentu yang tidak dilarang di negara lain. Dengan fitur Geoblocking itu, konten tersebut tidak bisa diakses hanya di Indonesia.

Baca juga: Kominfo Pertimbangkan Tutup Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube

Tak hanya memblokir konten-konten negative, Semuel dan tim juga sedang membahas aturan yang akan diberlakukan terkait siapa yang bisa menentukan berita hoax atau tidak. Facebook juga ingin membuat algoritma khusus untuk Indonesia buat tangkal hoax, tambahnya. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Pihak McDonald's Pastikan Pesan Berantai Soal Kupon Makan Gratis Hoaks

Pihak McDonald’s Pastikan Pesan Berantai Soal Kupon Makan Gratis Hoaks

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini para pengguna aplikasi pesan WhatsApp dikejutkan dengan adanya pesan ...