Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Ini Akibatnya Jika Seseorang Terlalu Sering Konsumsi Dumolid

Ini Akibatnya Jika Seseorang Terlalu Sering Konsumsi Dumolid

Jakarta – Menggunakan obat benzodiazepin atau istilah lain untuk obat penenang tampaknya sudah biasa bagi masyarakat Indonesia. Kegunaannya beragam, namun jika berlebihan maka akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh.

Ini Akibatnya Jika Seseorang Terlalu Sering Konsumsi Dumolid

Benzo alias benzodiazepine memiliki jenis yang beragam, salah satunya dumolid yang berfungsi sebagai obat tidur. Jenis lainnya adalah Alprazolam dan Clobazam sebagai pengobat kecemasan.

Salah satu pengguna dumolid yakni artis papan atas Tora Sudiro bersama istrinya, Mieke Amalia yang pada Kamis (3/8/2017) pukul 10.00 WIB lalu ditangkap polisi di kediamannya.

Sebagai barang bukti, kepolisian menyita 30 butir obat Dumolid. Setelah melakukan tes urin, Tora dan Mieki dinyatakan positif mengandung Benzo.

Menurut Dr Andri SpKJ saat ditemui pada Kamis (3/8/2017),menjelaskan, penggunaan Benzo sebenarnya cukup bermanfaat. Misalnya, Diazepam, salah satu jenis Benzo, berguna untuk mengobati kejang pada anak. Namun, benzo tidak dapat dikonsumsi sembarangan.

Andri juga menghimbau, konsumsi Benzo dalam jangka panjang akan berakibat ketergantungan. Berdasarkan pengalamannya saat praktik di lapangan, tak sedikit Andri mendapati pasien yang telah lama menggunakan dumolid untuk insomnia.

Tak cuma ketergantungan, tambahnya, penggunaan benzo secara berlebih juga akan mengganggu daya pikir. Bila telah dikonsumsi dalam jangka panjang, lalu penggunaannya diputus secara tiba-tiba, efeknya pun bisa parah.

Saat inipun, dokter pada umumnya tidak berani memberikan benzo lebih dari empat minggu kepada pasien. Bahkan dirinya sendiri mengaku bahwa ia tidak pernah menggunakan Benzo lagi untuk pengobatan.

Penyalahgunaan obat penenang sebenarnya bukanlah baru kali ini saja terjadi. Bahkan sejak era 70-80an, terkenal obat bernama mugadon. Obat penenang tersebut juga dikenal sebagai obat beler yang berfungsi membuat orang tertidur. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, makan akan mengakibatkan ketergantungan layaknya narkoba. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Awas, Bahaya Dibalik Tidur Pakai Kipas Angin

Awas, Bahaya Dibalik Tidur Pakai Kipas Angin

Jakarta – Indonesia memang negara tropis, dan sebuah kewajaran jika di negara ini hanya diisi ...