Home > Ragam Berita > Nasional > Belajar Dari Malaysia Dalam Mengelola Tabungan Haji

Belajar Dari Malaysia Dalam Mengelola Tabungan Haji

Jakarta – Masalah pengurusan jamaah ibadah haji setiap tahunnya seolah tak pernah ada habisnya. Pasalnya bila melirik ke manajemen pengurusan jamaah yang sudah dilakukan oleh Negara Tetangga, seperti Malaysia, Indonesia masih tertinggal jauh.

Belajar Dari Malaysia Dalam Mengelola Tabungan Haji

Masjid Putra Malaysia

Hal itu pula yang turut dipikirkan oleh Pengurus Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PBNU, Dadi Darmadi. Dadi mengatakan bahwa Indonesia masih tertinggal sangat jauh dari Malaysia.

Malaysia telah lebih dulu mengelola dan memanfaatkan dana haji. Namun pemanfaatan di Malaysia untuk kepentingan jamaah.

“Kita terlambat 54 tahun dari Malaysia. Mau tidak mau kita harus belajar dari Malaysia, bagaimana Malaysia sekarang (mengelola, red) tabungan hajinya,” katanya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (06/08/2017).

Baca juga : Kemenag Umumkan 10 Jamaah Haji Yang Meninggal Dunia

Dadi juga menjelaskan bahwasanya saat ini dana haji Malaysia mencapai kurang lebih Rp 180 triliun, yang telah dimanfaatkan untuk jemaah. Dengan pengelolaan yang tepat, dana haji tersebut dapat mengurangi angkos atau biaya naik haji.

“Dapat mengurangi biaya haji, standard ONH Plus dengan biaya yang lebih murah. Karena mereka punya pengelolaan haji yang sangat luar biasa, secara otomatis punya dampak terhadap pelayanan jemaah haji,” jelasnya.

Menurutnya, Indonesia perlu iri dengan Malaysia yang mengelola dana haji dengan baik dan professional. Ditambah tabungan dana haji Malaysia juga bisa digunakan untuk membayar beberapa perusahaan yang bangkrut.

“Kita sangat iri sekali. Ketika orang Malaysia dengan dana tabungan haji itu betul-betul memberikan pelayanan yang sangat VVIP,” katanya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Novel Bamukmin Menyebut Akan Ada 1 Juta Bendera Tauhid di Acara Reuni 212

Novel Bamukmin Menyebut Akan Ada 1 Juta Bendera Tauhid di Acara Reuni 212

Jakarta – Pelaksanaan Reuni Akbar Alumni 212 di Silang Monas, 2 Desember mendatang ternyata memang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135