Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah Penjelasan Mengapa Anjing Bisa Bergaul Erat Dengan Manusia

Inilah Penjelasan Mengapa Anjing Bisa Bergaul Erat Dengan Manusia

Jakarta – Anjing memanglah salah satu hewan peliharaan yang paling setia terhadap majikannya. Bahkan,kisah tentang kesetiaan anjing sering kali di filmkan, film Hachiko contohnya. Mengapa kira-kira?

Inilah Penjelasan Mengapa Anjing Bisa Bergaul Erat Dengan Manusia

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan hewan Monique Udell dari Oregon State University dan Bridgett vonHoldt, seorang ahli biologi evolusioner dari Universitas Princeton, menjelaskan,selama proses domestikasi, anjing mengembangkan kognisi sosial mutakhir yang tidak dimiliki oleh serigala.

Dilansir dari Science Alert (20/7/2017) Udell dan vonHoldt menemukan kemiripan antara kromosom anjing dengan kromosom manusia yang memiliki sindrom Williams-Beuren.

Sindrom Williams-Beuren merupakan kelainan perkembangan yang mempengaruhi fitur wajah manusia dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kelainan jantung, kelainan pada otak, dan sistem saraf.

Gejala psikologis sindrom ini salah satunya adalah sikap hipersosial yang ditandai dengan tidak adanya penghambat sosial. Orang-orang yang memiliki kelainan ini akan bersikap ramah, meski terhadap orang asing, dan memiliki empati yang terlewat tinggi.

VonHoldt juga sbelumnya telah mengamati kesamaan antara varian gen yang bertanggung jawab terhadap sindrom tersebut pada manusia. Itu disebut daerah kritis sindrom Williams-Beuren (WBSCR) dan keberadaan mereka ada juga pada DNA anjing.

Guna mengetahui varian yang sama juga menyebabkan sifat hipersosial pada anjing, Udell dan vonHoldt lalu menggunakan 18 anjing peliharaan dan 10 serigala yang bergaul dengan manusia.

Eksperimen tersebut dilakukan guna mengetahui perilaku dengan orang yang dikenal oleh hewan-hewan tersebut dan orang asing dalam mengukur keramahan.

Sehingga, Ddibandingkan dengan serigala meskipun memiliki jenisyang jampir sama, anjing terbukti lebih mudah bergaul. Kemudian, ketika mengurutkan genom hewan di laboratorium, ditemukan bahwa variasi di wilayah kromosom enam pada DNA anjing sejajar dengan sikap sosial anjing tersebut.

Baca juga: Tiga Fakta Mengejutkan Tentang Anjing Pitbull Yang Perlu Anda Ketahui

Itulah yang menjadikan anjing menjadi hewan yang memiliki kesetiaan yang tinggi kepada manusia. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135