Home > Teknologi > Internet > Mengenal Kelompok Hacker Yang Paling Ditakuti di Dunia

Mengenal Kelompok Hacker Yang Paling Ditakuti di Dunia

SAN FRANCISCO – Cybercrime alias kejahatan di internet saat ini tengah marak terjadi. Seseorang yang mendalangi dibalik kejahatan tersebut bernama hacker yang berguna untuk menerobos ke dalam komputer atau jaringannya.

Mengenal Kelompok Hacker Yang Paling Ditakuti di Dunia

Hacker dianggap cukup berbahaya karena dapat menerobos dan masuk ke dalam sebuah sistem. Dilansir dari Fortune, Sabtu (5/8/2017) simak beberapa kelompok hacker yang terkenal dan berbahaya di dunia berikut ini.

Fancy Bear

Kelompok ini dimasukkan ke dalam sorotan selama pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) oleh agen-agen dari Rusia. Tak hanya itu, Fancy Bear, yang keluar dari GRU, telah ikut campur dalam pemilihan Eropa sejak saat itu.

Lazarus Group

Setelah dikaitkan dengan Korea Utara, Lazarus memulai dengan menghantam situs Amerika dan Korea Selatan dengan serangan denial-of-service pada 2009. Lima tahun setelahnya, ia melakukan hacking besar-besaran terhadap Sony Picture Entertainment. Pada 2016, Lazarus mencuri USD81 juta dalam sebuah heist yang menargetkan bank sentral Bangladesh dan jaringan keuangan SWIFT. Bahkan kelompok ini juga telah dikaitkan dengan ransomware WannaCry yang membuat bisnis di seluruh dunia berhenti pada Mei 2017.

Baca juga: Hacker Kembali Berulah, Kali Ini Situs Resmi Pemkab Sukabumi Jadi Sasaran

Equation Group

Nama ini diberikan oleh perusahaan antivirus Rusia Kaspersky ke tim yang diyakini terkait dengan Badan Keamanan Nasional A.S. khususnya unit Operasi Akses Terfasilitas NSA, atau TAO. Hal tersebut dikarenakan bahwa Equation Group berhasil menyerang program nuklir Iran pada pertengahan tahun. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Cloud Google One Resmi Dirilis di Amerika

Cloud Google One Resmi Dirilis di Amerika

Jakarta – Google awal tahun ini mengumumkan akan melakukan rebranding platform penyimpanan cloud-nya sebagai Google ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135