Home > Ragam Berita > Nasional > Mengapa Suhu Malam Hari Belakangan Ini Lebih Dingin Dari Biasanya ?

Mengapa Suhu Malam Hari Belakangan Ini Lebih Dingin Dari Biasanya ?

Yogyakarta – Akhir-akhir ini malam terasa lebih dingin dari biasanya, khususnya untuk daerah Yogyakarta. Hal itu menjadikan udara malam di kota gudeg tersebut terasa seakan menusuk tulang.

Mengapa Suhu Malam Hari Belakangan Ini Lebih Dingin Dari Biasanya ?

Berdasarkan Data Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi keluhan itu, suhu pagi hari di Yogyakarta belakangan mencapai 18 derajat Celsius.

Mulyono Rahadi Prabowo, Deputi Bidang Klimatologi BMKG, menjelaskan, kondisi itu sebenarnya normal terjadi pada musim kemarau. Ia mengatakan, saat musim kemarau, cuaca yang cerah pada siang hari menyebabkan potensi terjadinya hujan menjadi minim.

Tak hanya dikarenakan oleh musim kemarau, wilayah Yogyakarta dan sekitarnya juga dipengaruhi oleh kedatangan angin dari Australia yang cukup dominan masuk ke Indonesia.

Angin yang datang tak membawa uap air. Jadi, potensi pertumbuhan awan pemicu hujan semakin kecil. Konsekuensi dari kondisi tersebut adalah perbedaan suhu siang dan malam yang lebih besar dari biasanya.

Saat siang yang cerah, bumi akan menerima radiasi panas matahari lebih banyak sehinga suhu terasa lebih tinggi. Warga akan merasa gerah. Sebaliknya, karena tak ada awan, bumi akan lebih cepat melepaskan panas yang diterima ke atmosfer saat malam.

Baca juga: Penjelasan BMKG Terkait Suhu Dingin Beberapa Hari Belakangan

Sehingga, ungkap Mulyono saat ditemui Jumat (4/8/2017), malam hari terasa lebih dingin dari sebelumnya. (Rere -harianindo.com)

x

Check Also

Polemik Sampah DKI, Anies Diminta Tak Pikirkan Becak Saja

Polemik Sampah DKI, Anies Diminta Tak Pikirkan Becak Saja

Jakarta – Fraksi Hanura DKI Jakarta kali ini komentari Wakil Wali Kota Bekasi yang membandingkan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135