Home > Ragam Berita > Internasional > Asteroid Bakal Menguji Pertahanan NASA Bulan Oktober Ini

Asteroid Bakal Menguji Pertahanan NASA Bulan Oktober Ini

Jakarta – Untuk menghindari kecolongan, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) akan melakukan uji coba bulan Oktober terkait sistem yang semakin diperkuat ketika asteroid 2012 TC4 mendekat ke bumi.

Asteroid Bakal Menguji Pertahanan NASA Bulan Oktober Ini

Sampai saat inipun belum diketahui terkait ukuran dan seberapa dekat 2012 TC4 akan bergerak menuju bumi. Mereka berkata bahwa diameter asteroid tersebut bisa saja hanya 10 meter. Lalu, menurut perhitungan, 2012 TC4 tidak akan lebih dekat dari jarak 6.800 kilometer ke bumi.

Berdasarkan pada tahun 2012, peneliti mengirakan 2012 TC4 hanya mendekat sampai 273.000 kilometer dari bumi.

Informasi yang belum pasti ternyata malah membuat NASA semakin bersemangat untuk menguji respon terhadap asteroid yang berpotensi menyerang bumi.

Pasalnya, walaupun NASA dan agensi antariksa lainnya telah bekerjasama untuk mengkoordinasi dan mendeteksi potensi serangan terhadap bumi, respons terhadap serangan belum pernah diujicoba sebelumnya,

Dilansir dari Independent (2/8/ 2017), Paul Chodas, manajer untuk Center for Near-Earth Object Studies NASA berpendapat, uji coba tersebut merupakan target yang sempurna untuk latihan. Sebab, meskipun kita tahu dengan pasti bahwa orbit 2012 TC4 tidak akan mengganggu bumi, kita belum bisa memetakan rutenya dengan pasti.

Paul menambahkan, ini akan menjadi tanggung jawab observatorium untuk memetakannya ketika asteroid itu mendekat, dan merekapun harus bekerjasama untuk melakukan observasi lanjutan. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Oposisi Malaysia Lakukan Aksi Keluar Ruang saat Sidang Pertama Parlemen

Oposisi Malaysia Lakukan Aksi Keluar Ruang saat Sidang Pertama Parlemen

Kuala lumpur – Sidang pertama parlemen Malaysia hasil pemiliu pada Senin (16/7/2018), diwarnai aksi protes ...