Jakarta – Melihat perkembangan bumi yang kian tak pasti, bukan tidak mungkin bila suatu saat asteroid jatuh ke bumi. Lantas apa yang bisa lakukan saat asteroid mendarat kearah wilayah kita ?

Apa Yang Bisa Kita Lakukan Jika Asteroid Jatuh ke Bumi ?

Solusi yang paling tepat untuk anda lakukan adalah masuk kebawah tanah. Mengapa demikian ?

Hasil dari studi terbaru mengenai efek jatuhnya asteroid dipulikasikan dalam jurnal Geophysical Research Letters oleh American Geophysical Union (AGU).

Menurut studi tersebut, efek terbesar dari bencana ini adalah angin kencang dan gelombang kejut karena asteroid menghantam bumi. Kedua efek tersebut bahkan menyebabkan 60 persen kematian dalam berbagai skenario simulasi AGU.

Clemens Rumpf, seorang asisten peneliti senior dari University of Southampton, Inggris, mengatakan dalam siaran pers dari AGU, ini adalah studi pertama yang melihat ketujuh dampak yang disebabkan oleh asteroid berbahaya dan mengukur mana yang paling parah berdasarkan kematian manusia.

Baca juga : Asteroid Bakal Menguji Pertahanan NASA Bulan Oktober Ini

Asteroid yang jatuh ke lautan dapat menciptakan tsunami, tetapi tsunami hanya dapat menyebabkan 20 persen kematian.
Namun, ketika asteroid jatuh ke daratan, efek panas yang terjadi menyebabkan 30 persen kematian. Untuk menghindari efek tersebut, Rumpf pun menyarankan untuk bersembunyi di bawah tanah. (Icha – www.harianindo.com)