Home > Gaya Hidup > Tips > Mengapa Indonesia Tertinggal Dalam Pengembangan Sains dan Teknologi ?

Mengapa Indonesia Tertinggal Dalam Pengembangan Sains dan Teknologi ?

Jakarta – Ternyata Indonesia adalah termasuk dalam daftar negara tertinggal dalam hal pengembangan sains dan teknologi. Tidak hanya di tingkat dunia, tapi juga dilingkup keil yakni ASEAN.

Mengapa Indonesia Tertinggal Dalam Pengembangan Sains dan Teknologi ?

Apa sebabnya ?

Menurut Chairil Abidin, anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) menguraikan, penyebab ketertinggalan itu ia tuliskan dalam Buku Putih Sains, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia 2045.

Chairil mengatakan bahwa pendidikan tinggi menghadapi beragai halangan dalam melakukan penelitian, diantaranya adalah ketidaksesuaian waktu mengajar dan waktu penelitian, keterbatasan anggaran serta fasilitas riset, dan insentif yang tidak menarik bagi peneliti.

Kompetensi guru juga ikut memberikan sumbangsih. Hasil rata-rata uji kompetensi guru pada tahun 2015 hanya 53,02 persen. Untuk calon guru, nilai uji kompetensi lebih rendah lagi, 44 persen kemampuan di bidang kompetensi dan 56,69 di bidang pedagogik.

Baca juga : Penelitian, Bayi Telah Mengenal Beragam Warna Sejak Dilahirkan

“Tidak ada anak SMA yang bright yang mau menjadi guru. Persoalan kualitas dosen yang dirilis Asia Week tahun 2000, Indonesia berada di bawah kualitas Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia,” kata Chairil dalam peluncuran buku putih itu di Jakarta pada Jumat (12/5/2017). (Icha – harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Rumah Mungil Tampak Luas ? Ikuti Tip Berikut Ini

Ingin Rumah Mungil Tampak Luas ? Ikuti Tip Berikut Ini

Jakarta – Rumah mungil membutuhkan perlakuan khusus, terutama dalam hal desain interiornya. Pasalnya, jika salah ...