Home > Teknologi > Sains > Ahli Fisika Ungkap Kemampuan Wonder Woman Menangkis Peluru Dengan Gelang

Ahli Fisika Ungkap Kemampuan Wonder Woman Menangkis Peluru Dengan Gelang

Jakarta – Masih ingatkah anda dengan film super hero perempuan yang di perankan oleh Gal Gadot. Ya, film Wonder Women yang sempat boomin di bioskop itu rupanya menarik seorang ilmuan untuk melakukan riset.

Ahli Fisika Ungkap Kemampuan Wonder Woman Menangkis Peluru Dengan Gelang

Rhett Allain, seorang Associate Professor dari Southeastern Louisiana University mengulas bagaimana Wonder Woman dapat menangkis peluru hanya dengan gelang dengan menggunakan hitungan fisika.

Menurutnya, hal pertama yang harus Anda ketahui untuk menjelaskan kemampuan tersebut adalah momentum, hasil perkalian dari massa sebuah obyek dengan kecepatannya. Ketika dua obyek bertumbukkan, masing-masing objek saling mendorong untuk waktu yang sama sehingga perubahan momentumnya nol atau momentumnya kekal.

“Nah, misalnya sebuah bola golf bergerak menuju bola baket yang tidak bergerak dan mental ke arah sebaliknya. Dengan mengetahui perubahan momentum dari bola golf, aku bisa menentukan kecepatan dorongan mundur dari bola basket karena momentumnya pasti kekal,” tulis Allain.

Dengan hukum tersebut, Allain menghitung kecepatan dorongan mundur Wonder Woman saat menangkap peluru di atas permukaan es yang licin.
Jika peluru memiliki massa 4,2 gram dan kecepatan 965 meter per detik, maka perubahan momentum yang dikalkulasikan menggunakan rumus di atas adalah 8,1 kilogram*meter per detik dan Wonder Woman (yang dalam kalkulasi Allain hanya 50 kilogram) akan terdorong mundur dengan kecepatan 0,162 meter per detik.

Baca juga : Keren, Fisikawan Ini Membuat Jubah Tembus Pandang ala Harry Potter

“Kecepatan ini sangat lambat dan dia berada di atas permukaan es licin yang dalam filmnya tidak demikian. Jadi, sebuah peluru yang mengenai gelang hanya bisa mendorong Wonder Woman sedikit (di atas es) dan tidak sama sekali jika dia berada di tanah biasa,” tulis Allain. (Icha – harianindo.com)

x

Check Also

Meski Dijaga Tentara Bersenjata 24 Jam, Badak Putih Utara Jantan Terakhir Akhirnya Mati

Meski Dijaga Tentara Bersenjata 24 Jam, Badak Putih Utara Jantan Terakhir Akhirnya Mati

Jakarta – Sudan, nama badak putih utara berjenis kelamin jantan yang tertinggal akhirnya mati setelah ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135