Home > Gaya Hidup > Tips > Dianggap Menganggu, 3 Jenis Serangga Ini Justru Memberikan Manfaat Untuk Lingkungan Rumah

Dianggap Menganggu, 3 Jenis Serangga Ini Justru Memberikan Manfaat Untuk Lingkungan Rumah

Jakarta – Bentuknya yang mungil justru sering membuat orang merasa geli. Bahkan tidak sedikit orang yang phobia dengan serangga.
Tapi jangan sekali-kali anda usir kehadiran tiga serangga yakni, lalat, laba-laba, dan serangga karnivora.

Dianggap Menganggu, 3 Jenis Serangga Ini Justru Memberikan Manfaat Untuk Lingkungan Rumah

Sarah Bonney, kandidat PhD di Universitas Charles Darwin dan penyelenggara Festival Serangga di ibukota Northern Territory Australiai, mengatakan memang kebanyakan orang menganggap serangga dan invertebrata sebagai hal buruk. “Padahal serangga memainkan peran yang sangat besar di dunia,” katanya kepada ABC News.

“Tanpa serangga kita tidak akan memiliki banyak makanan. Mereka menjaga agar tanah kita tetap subur, dan pada dasarnya membuat dunia kita tetap berputar,” ujarnya.

Bonney dan peneliti Macquarie University Dr Lizzy Lowe mengatakan, langkah pertama adalah menjauhkan pestisida dan memahami serangga mana yang bisa membantu kita. Laba-laba bisa berperan untuk lingkungan perkotaan.

“Mereka memakan hama, mengendalikan jumlah laba-laba lainnya, dan semakin banyak jenis laba-laba yang kita miliki, maka kian seimbang kebun belakang atau ekosistem rumah kita,” kata Dr Lowe.

“Akan kian sedikit kecoak, kutu dan makhluk kecil merangkak lainnya dan ini akan menguntungkan keseluruhan rumah kita,” tambahnya.
Lalu serangga karnivora seperti belalang juga sangat membantu dalam kehidupan manusia.

Serangga yang memakan serangga lainnya juga bisa menjadi salah satu makhluk paling menguntungkan di sekitar rumah. Biarkan alam berjalan seperti seharusnya.

“Kami menyebutnya biokontrol karena menjadi cara mengendalikan hama di kebun kita tanpa menggunakan pestisida, tapi dengan menggunakan serangga lain,” jelasnya.

Baca juga : Tips Praktis Agar Rumah Bebas Dari Serangga

Dan yang tak kalah penting adalah Lalat. “Lalat dikenal sebagai pembersih kotoran, Mereka menghancurkan banyak kotoran dan detritus yang tertinggal di ekosistem, dan semua nutrisi tersebut dilepaskan kembali ke lingkungan ” kata Bonney. (icha – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Mencuci Muka Ternyata Bisa Jaga Kulit dari Dehidrasi

Wow, Mencuci Muka Ternyata Bisa Jaga Kulit dari Dehidrasi

Jakarta – Mencuci muka memang menjadi satu rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan oleh setiap orang. ...