Home > Ragam Berita > Ekonomi > Dua Anak Perusahaan Gudang Garam Dibeli Perusahaan Rokok Jepang

Dua Anak Perusahaan Gudang Garam Dibeli Perusahaan Rokok Jepang

Jakarta – Dua anak perusahaan Gudang Garam, yakni PT Surya Mustika Nusantara dan PT Karyadibya Mahardhika diakuisisi oleh perusahaan rokok asal Jepang, Japan Tobacco Inc, dengan nilai USD 667 juta atau setara dengan Rp 9 triliun.

Dua Anak Perusahaan Gudang Garan Dibeli Perusahaan Rokok Jepang

Menurut Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Firman Soebagyo, aksi korporasi antara Japan Tobacco Inc dan dua anak perusahaan Gudang Garam ini merupakan hal yang wajar karena Gudang Garam tidak ingin merugi.

“Mereka tidak mau dirugikan akibat kebijakan pemerintah yang tidak ada kepastian berusaha dan kepastian hukum di Indonesia,” kata Firman di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

“Sehingga wajar kalau manajemen Gudang Garam mengalihkan ke bisnis lainnya,” tambahnya.

PT Karyadibya Mahardhika (KDM) merupakan salah satu anak perusahaan Gudang Garam yang berdiri sejak 2007 lalu. Beberapa produk rokok yang dikeluarkan oleh PT KDM seperti Apache, Absolute Mild, Absolute Mild Menthol, Absolute Ruby, Minna International, Minna Barokah, Barokah Rejeki, Extreme Mild, Extreme Mild Menthol, Bheta, dan beberapa varian produk lainnya.

Sedangkan PT Surya Mustika Nusantara merupakan perusahaan penjualan dan distribusi yang memasarkan rokok merek Apache dan Extreme, hasil produksi PT KDM.

Selain mengakuisisi dua perusahaan rokok di Indonesia, Japan Tobacco Inc juga sedang melakukan negosiasi untuk membeli aset pabrik rokok Filipina, yakni Filipina Mighty Corp Ltd.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Geledah 10 Lokasi Terkait Kasus Dugaan Suap Perizinan Proyek Meikarta

KPK Geledah 10 Lokasi Terkait Kasus Dugaan Suap Perizinan Proyek Meikarta

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menggeledah 10 lokasi, termasuk kediaman bos Lippo Group ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135