Home > Teknologi > Sains > Para Peneliti Telah Mengamati Bumi Super, Bisakah Ditinggali Manusia ?

Para Peneliti Telah Mengamati Bumi Super, Bisakah Ditinggali Manusia ?

Jakarta – Perkembangan planet luar angakasa memang terus memunculkan hal baru dalam masa ke masa. Kini para peneliti sedang mengamati GJ1132b.

Para Peneliti Telah Mengamati Bumi Super, Bisakah Ditinggali Manusia ?

Pengamatan itu sudah dilakukan sejak 2 tahun terakhir. Hasilnya adalah, “Bumi Super” yang merupakan planet itu 1,4 kali lebih besar daripada bumi dan terletak sejauh 39 tahun cahaya. Hasil riset juga menunjukkan bahwa ernyata planet tersebut diselubungi lapisan gas tebal selayaknya atmosfer berisi air atau metana.

“Pergerakan planet membuat bintang tampak lebih redup dan merupakan cara yang jitu untuk menemukan planet yang bergerak. Begitulah cara planet ini ditemukan,” ujar Dr Southworth yang terlibat penelitian.

Lalu bagaimana dengan iklim dan suhu planet tersebut ?

Baca juga : NASA Kini Punya Alat Untuk Mendengar Hiruk-pikuk di Sekeliling Bumi

“Sepengetahuan saya, temperatur terpanas yang dapat dihuni oleh mahluk hidup di bumi hanya 120 derajat celcius. Temperatur itu jauh lebih dingin daripada planet ini (GJ1132b),” kata Dr John Southworth, peneliti dari Keele University yang memimpin studi tersebut seperti dikutip BBC, Jumat (5/4/2017). (Icha – harianindo.com)

x

Check Also

Meski Dijaga Tentara Bersenjata 24 Jam, Badak Putih Utara Jantan Terakhir Akhirnya Mati

Meski Dijaga Tentara Bersenjata 24 Jam, Badak Putih Utara Jantan Terakhir Akhirnya Mati

Jakarta – Sudan, nama badak putih utara berjenis kelamin jantan yang tertinggal akhirnya mati setelah ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135