Home > Ragam Berita > Nasional > Pemerintah Sedang Kumpulkan Data Terkait Ormas Yang Akan Dibubarkan

Pemerintah Sedang Kumpulkan Data Terkait Ormas Yang Akan Dibubarkan

Jakarta – Pemerintah akan bubarkan kembali organisasi masyarakat (ormas) lantaran bertentangan dengan Pancasila. Ini akan menjadi langkah kedua setelah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dibubarkan beberapa waktu lalu.

Pemerintah Sedang Kumpulkan Data Terkait Ormas Yang Akan Dibubarkanmat Heran Langkah HTI Gugat Perppu Ormas

Ilustrasi

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo masih enggan merinci detail ormas mana yang berikutnya akan dibubarkan. Namun ia memastikan bila ormas itu saat ini sedang dalam proses penjajakan lebih dalam.

Baca juga : Ketua GP Ansor Menyebut Bukan Hanya HTI Yang Mengancam NKRI

Hanya saja ia menyebutkan jika ormas yang akan dibubarkan itu telah terdata di pemerintah. “Dia terdata di ormas. Kecil tidak berskala nasional,” ujar Tjahjo di Jakarta, Kami (10/8/2017).

Menurut Tjahjo, berdasarkan pemeriksaan awal dari laporan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, ormas lokal itu telah diawasi sejak dua tahun lalu, dan telah memiliki beberapa kegiatan di beberapa provinsi di Tanah Air.

Namun, untuk memastikan lebih jauh dugaan pelanggaran ormas itu, kini Kemendagri tengah mengumpulkan data dari sejumlah pihak. Sehingga ketika diputuskan untuk dibubarkan tidak akan ada kesalahan.

“Kami akan crosscheck ke kepolisian, kejaksaan, crosscheck BIN, crosscheck Kesbangpol, (lalu) bagaimana tokoh masyarakat, tokoh adatnya, tokoh agama, kliping media gimana itu lengkap,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Mendapat Dukungan Dari DPD Partai Demokrat Jawa Timur

Jokowi Mendapat Dukungan Dari DPD Partai Demokrat Jawa Timur

Surabaya – Baru-baru ini, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur memberikan mendukung Joko Widodo ...