Home > Unik > Seperti Halnya Hewan Liar, Manusia Juga Punya Kemampuan Mencium Aroma Kematian

Seperti Halnya Hewan Liar, Manusia Juga Punya Kemampuan Mencium Aroma Kematian

Jakarta – Sudah tak sing lagi bila kita mendapati gelagat aneh dari seseorang yang kita kenal sebelum kematian menjemput mereka. Mulai dari berusaha menebus kekeliruan yang pernah dilakukan, mau mengakui segala kejahatan yang pernah ia lakukan, hingga menyelesaikan hutang piutang.

Seperti Halnya Hewan Liar, Manusia Juga Punya Kemampuan Mencium Aroma Kematian

Ada yang mengatakan hal itu adalah efek psikologis seseorang yang teramat mendalam saat mendapat firasat hidupnya akan segera berakhir. Namun hasil dari penelitian para ahli menunjukkan memang ada alasan-alasan ilmiah terkait perlakuan menonjol itu.

Mayoritas hewan liar memiliki penciuman yang sangat sensitif terhadap bau busuk dan beracun. Bau semacam itu dipancarkan oleh organisme sebelum mengalami kematian serta pada tahap pembusukan dan penguraian.

Disamping itu burung nasar dan hyena juga akan mengikuti aroma busuk itu ke sumbernya. Menariknya, hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa manusia juga memiliki kemampuan untuk mengendus bau semacam itu.

Arnaud Wisman dari University of Kent School of Psychology dan Ilan Shira dari Departemen Ilmu Perilaku di Arkansas Tech University telah bekerja sama dalam memecahkan studi dasar tentang hal ini.

Baca juga : Mengamati Perilaku Lobster Saat Mengajak Kencan Pasangannya

Melansir dari Disclosetv, hasil penelitian menunjukkan daerah primal otak manusia dapat mendeteksi bau seperti aroma kematian. Bau tersebut pula yang bisa mendorong mereka pindah dari sumber bau karena memungkinkan timbul bahaya bagi mereka.
“Penelitian ini seolah mengiyakan pendapat masyarakat awam bahwa manusia dapat mendeteksi kematian,” ujar Wisman. (Icha – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mistis, Driver Taksi Online Ini Mengaku Uang Dari Pelanggan Berubah Menjadi Daun

Mistis, Driver Taksi Online Ini Mengaku Uang Dari Pelanggan Berubah Menjadi Daun

Jakarta – Seorang supir taksi online baru saja mengalami sebuah peristiwa yang mistis. Supir ini ...