Jakarta ā€“ Sering kali kegiatan menyeterika baju menjadi sangat menantang terutama apabila bahan baju yang kita seterika memerlukan perlakuan khusus karena terbuat dari bahan kain jeans dan sifon.

Inilah Beberapa Tip agar Baju Tidak Rusak saat Diseterika

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam menyeterika agar tidak merusak bahan-bahan dari baju. Berikut tipsnya:

Siapkan alas kain yang cukup
Melapisi dengan alas kain yang panjang dan lebar diperlukan jika kamu tak punya meja setrika. Pastikan kamu melapisi alas dengan cukup, halus dan rata sehingga menyetrika bisa lebih mudah.

Pastikan setrika bersih
Hal ini penting terutama jika kamu menyetrika baju putih. Pastikan setrika tidak terkena kain gosong dan menempel dan lain sebagainya. Sebaiknya menyetrika baju putih terlebih dahulu sebelum menyetrika baju berwarna.

Gunakan suhu panas yang sesuai
Jika kain tipis dan terlihat tidak begitu perlu disetrika dengan keras, gunakan suhu kecil. Tunggu sebentar agar suhu menurun, baru gunakan lagi. Suhu tinggi biasanya hanya untuk pakaian jenis jeans/denim. Pastikan kamu tidak memakai suhu tinggi untuk kain lain.

Jangan menyetrika kain yang terlalu kering
Jika kain terlalu kering bisa jadi susah disetrika, kamu bisa menyemprotnya dulu dengan air sehingga kain tidak kaku dan lebih mudah disetrika dan dibentuk.

Jangan menyetrika dengan gerakan memutar
Menyetrika sebaiknya dengan gerakan maju mundur ke samping kanan atau kiri, jangan dengan gerakan memutar. Biasanya dengan gerakan memutar, suhu panas akan berkumpul di bagian itu saja sehingga bisa lebih cepat merusak kain.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)