Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Akan Bantu Bina Mantan Aktivis HTI

MUI Akan Bantu Bina Mantan Aktivis HTI

Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin menegaskan pihaknya siap untuk mendukung pemerintah dalam menjalankan program yang dirancang khusus itu.

MUI Akan Bantu Bina Mantan Aktivis HTI

Saat ditemui di kantor PBNU, Ma’aruf Amin berkata, “MUI dukung, memang mereka harus dibina. MUI siap untuk membantu program pemerintah dalam membina eks (anggota) HTI,”

HTI yang memiliki ideologi untuk mengusung negara khilafah, atau sistem kepemimpinan sesuai Islam, dianggap mengancam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017, atas Undang-Undang (UU) nomor 17 tahun 2013 tentang ormas.

Melalui perppu tersebut, pemerintah menghilangkan sejumlah pasal, untuk memangkas mekanisme pencabutan keabsahan ormas. Kini bermodal Perppu, kementerian terkait bisa mencabut keabsahan ormas tanpa melalui mekanisme pengadilan.

Ma’ruf Amin menyebut pihaknya siap untuk mengajak pengurus, anggota maupun simpatisan dari ormas yang sudah dicabut keabsahannya itu, agar mau kembali mendukung NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Ia juga mengaku siap untuk meluruskan pemikiran mereka terkait khilafah.

“Tentu dengan dialog, pencerahan, dengan berdebat supaya mereka memahami,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Nasdem Minta Anies Lebih Serius Pasang Bendera Peserta Asian Games 2018

Nasdem Minta Anies Lebih Serius Pasang Bendera Peserta Asian Games 2018

Jakarta – Pemasangan bendera negara peserta Asian Games dinilai NasDem DKI Jakarta sebagai langkah yang ...