Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Kisah Menarik Dibalik Sambal Bu Rudy

Kisah Menarik Dibalik Sambal Bu Rudy

Surabaya – Siapa yang tak suka dengan sambal cap bu Rudy khas Surabaya? ya, sambal ini sangat populer dikalangan penggila kuliner. Bu Rudy atau yang memiliki nama asli Lany Siswadi ini adalah pembuat dan pemilik merek sambal Bu Rudy.

Kisah Menarik Dibalik Sambal Bu Rudy

Saat ditemui usai jumpa pers di Kampoeng Legenda, Bu Rudy berkata, “Saya itu tidak suka masak, tetapi saya diberi talenta memasak,”

Bu Rudy berkisah bahwa dirinya lahir di Madiun tahun 1953, saat peristiwa PKI memberi efek negatif kepada kota kelahirannya.

“Zaman itu sangat susah, apa yang bisa dimasak saat itu?” ungkap Bu Rudy.

Demi kehidupan yang lebih baik, Bu Rudy muda akhirnya merantau ke Surabaya. Ia memulai bisnis sepatu di Pasar Turi dan bertemu jodoh di Surabaya. Kebetulan sang suami hobi memancing, sehingga ia sering diberi ikan oleh suami yang pulang memancing. “Karena saya orang Madiun, saya buat sambal. Orang Madiun bisa makan lombok (cabe) walau tanpa ikan (lauk),” kata Bu Rudy.

Pada tahun 2000 ia berjualan makanan di mobil. Hidangan andalannya adalah nasi dan sambal udang. “Dari teman cerita ke teman, menyebar begitu saja. Saya tidak pernah iklan. Semua serba spontan,” ungkap Bu Rudy.

“Sesuai bahan yang ada hari itu, jadi semua spontan saja. Misal saya mau makan balado, saya buat sambal hijau. Ada tempe, saya buat tempe gembos,” katanya.

“Saya tidak ambil pusing, tetapi ada sekarang ada yang muncul dengan merek Pak Rudy. Orang kira saya cerai sama Pak Rudy, suami saya,” ceritanya sambil tertawa. Bu Rudy sendiri menjamin seluruh makanan yang dibuat, termasuk sambal, tak menggunakan bahan kimia selain penyedap. Kini ia juga memberi “tongkat estafet” bisnis sambal dan rumah makan kepada anaknya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Resep Pepes Tahu Ati Rempela

Resep Pepes Tahu Ati Rempela

Surabaya – Merayakan kemerdekaan semakin lengkap jika dimeriahkan dengan makanan khas Indonesia. Makanan yang satu ...