Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Manfaat Daun Kemangi dalam Lalapan

Manfaat Daun Kemangi dalam Lalapan

Jakarta – Nama daun kemangi pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, terlebih lagi bagi para pecinta makanan pedas. Pasalnya daun kemangi ini biasanya disuguhkan sebagai lalapan bersamaan dengan sambal uleg.

Manfaat Daun Kemangi dalam LalapanManfaat Daun Kemangi dalam LalapanManfaat Daun Kemangi dalam Lalapan

Daun Kemangi dalam lalapan

Selain kemangi, biasanya teman daun berbau khas ini ada mentimun, tomat, selada dan kol. Sayur-sayuran ini akan kita temukan saat menikmati makanan yang bersambal seperti pecel ayam, pecel lele, dan lain-lain.

Namun ternyata daun kemangi ini selain sebagai lalan, ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh lho ! Daun kemangi ruoanya juga dapat digunakan sebagai obat, bumbu masak dan dijadikan teh.

Baca juga : Kisah Menarik Dibalik Sambal Bu Rudy

Daun kemangi sendiri memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin K, Mangan dan Magnesium. Ekstrak minyak dari daun kemangi bersifat antioksidan dan antibakteri. Kemangi juga dapat dijadikan sebagai penghilang bau badan alias BB lho !

Selain itu, kemangi juga dapat mencegah munculnya jerawat dan komedo, memperlancar ASI dan meredakan demam serta masuk angin. Anggota keluarga daun mint ini juga dapat dijadikan obat anti radang.

Fungsi lain dari daun kemangi yang digunakan sebagai lalapan adalah untuk menetralkan makanan yang dikonsumsi bersamaan. Makanan seperti pecel ayam, pecel lele, dan lain-lain tentunya mengandung minyak yang tidak baik bagi tubuh.

Oleh karena itu lalapan disediakan untuk menetralkan makanan yang masuk ke tubuh agar tidak menjadi radang atau panas dalam nantinya. Dengan baunya yang khas, daun kemangi memiliki rasa yang agak menyengat dan sedikit pahit. Oleh karena itu tak semua orang menyukainya.
(Muspri-harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tabasco : Sambal Pedas Luar Negeri yang Kaya Manfaat. Apa Saja ?

Tabasco : Sambal Pedas Luar Negeri yang Kaya Manfaat. Apa Saja ?

Jakarta – Tabasco merupakan saus pedas dari luar negeri yang sering dituangkan untuk masakan-masakan barat ...