Home > Ragam Berita > Nasional > Mendagri : Tunggu Bukti, Baru Ormas Anti-Pancasila di Daerah Bisa Dibubarkan

Mendagri : Tunggu Bukti, Baru Ormas Anti-Pancasila di Daerah Bisa Dibubarkan

Jakarta – Beberapa organisasi masyarakat (ormas) di berbagai daerah bakal segera dibubarkan. Sebab, mereka diduga memiliki ideologi Anti-Pancasila. Hal tersebut diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Mendagri : Tunggu Bukti, Baru Ormas Anti-Pancasila di Daerah Bisa Dibubarkan

Kementerian Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

“Ya nanti kita tunggu data yang cukup kuat dulu, ya itu ormas-ormas kecillah yang tidak merata ormas daerah ya, kami meneliti sudah dua tahun,” kata Tjahjo di Hotel Atlet Century, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Dia menjelaskan, instansinya mendapat laporan dari daerah. Isinya, beberapa ormas-ormas kecil telah meresahkan masyarakat. Nah, Kemendagri pun bakal menyerahkan hasilnya ke kejaksaan, kepolisian, Kemenko Polhukam, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan daerah. Tujuannya memutuskan ormas itu layak dibubarkan atau tidak.

Baca juga: Romahurmuziy Nilai Jokowi Dapat Naikkan Perolehan Suara saat Pemilu

Politikus PDIP ini juga mengatakan, dalam pembubaran HTI pemerintah sudah memantaunya selama 10 tahun. Untuk ormas yang sekarang sedang dipantau ini, Kemendagri baru mengawasinya selama 2 tahun, sehingga untuk pembubarannya tidak dalam waktu dekat ini.

“HTI itu sudah 10 tahun pembuktiannya. Kemendagri meneliti ormas ini 2 tahunan, nah makanya kan kurang, kita juga klarifikasi apa data video lain, apa ada fotonya, ada videonya nah itu saja sabarlah, tunggu waktunya. Tidak dalam waktu dekat, tapi sudah dicermati akan hal itu,” paparnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jonru Ikut Komentari Insiden Bendera Merah Putih Terbalik

Jonru Ikut Komentari Insiden Bendera Merah Putih Terbalik

Jakarta – Sebuah buku bertajuk souvenir spesial yang dibagikan dalam acara pembukaan SEA Games 2017 ...