Home > Ragam Berita > Nasional > Menlu Tegaskan Indonesia-Rusia Tanda Tangani Dokumen Penguatan Kemitraan Strategis

Menlu Tegaskan Indonesia-Rusia Tanda Tangani Dokumen Penguatan Kemitraan Strategis

Jakarta – Dokumen kerja sama ‘Rencana Konsultasi antara Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia untuk tahun 2017-2019’ telah ditandatangani pihak Russia dan pihak Indonesia.

Menlu Tegaskan Indonesia-Rusia Tanda Tangani Dokumen Penguatan Kemitraan Strategis

Menlu Retno Marsudi

Menurut Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, kedua negara sangat penting membahas penguatan kemitraan dan persahabatan menjadi sebuah kemitraan strategis, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan dunia yang berubah dan kompleks

“Dokumen ini secara jelas menunjukkan keinginan kedua Kementerian Luar Negeri untuk mengintensifikasi hubungan dan konsultasi, serta komunikasi antara Indonesia dan Rusia,” kata Retno di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Retno mengatakan, kerja sama yang terkait dengan security meassure antara kedua negara telah dimiliki sejak beberapa tahun yang lalu. Dalam hal ini, kedua negara telah melakukan pertemuan terkait hal tersebut, sebanyak tiga kali, yaitu sejak tahun 2015 sampai 2017.

Di bidang ekonomi, Indonesia saat ini berupaya untuk meningkatkan upayanya seperti salah satu program yang telah diadakan sejak tahun lalu yakni, Festival Indonesia. Dari tahun ke tahun, peningkatan pengunjung dalam festival tersebut pun telah menunjukkan angka yang cukup memuaskan.

“Festival ini merepresentasikan kelebihan Indonesia di bidang UKM (usaha kecil dan menengah), juga di bidang wisata. Kita juga mengatur bisnis forum, di mana tanggapan dari kalangan bisnis Rusia sangat menjanjikan,” ujar Retno.

Untuk menembus pasar produk makanan, Indonesia juga memiliki permanent product display dan merupakan yang terbesar. Retno menuturkan, jika dilihat dari nilai perdagangan, peningkatan pun terlihat di mana dari Januari hingga April 2017, telah meningkat lebih dari 50 persen.

“Jadi, ini menunjukkan engagement kita dari waktu ke waktu untuk bidang perdagangan dan investasi kita tingkatkan dengan Rusia. Beberapa investor Rusia juga sudah lama beroperasi di Indonesia,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bagi KPK, Johannes Marliem Bukan Saksi Kunci Kasus e-KTP

Bagi KPK, Johannes Marliem Bukan Saksi Kunci Kasus e-KTP

Jakarta – Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan bahwa Johannes Marliem yang ditemukan tewas akibat ...