Home > Gaya Hidup > Tips Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui

Tips Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui

Jakarta – Menyusui merupakan kegiatan yang seharusnya menjadi sangat penting bagi seorang ibu karena pada saat menyusui terjadi kontak fisik dan batin antara ibu dan bayi, selain pemberian ASI memang penting bagi bayi.

Tips Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui

Namun demikian, bagi sebagian ibu, menyusui menjadi kegiatan yang ‘menyiksa’ karena sakit yang ia rasakan pada payudara.

Lantas bagaimana cara mengatasi sakit yang timbul pada saat menyusui?

1. Pastikan Posisi Bayi Membuat Anda Nyaman
Posisi bayi bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit saat menyusui. Karena itu pastikan posisi badan, kepala, atau mulut si kecil berada di posisi yang membuat Anda merasa nyaman.

2. Jangan Menunda Waktu Menyusui
Saat payudara terasa sakit biasanya ibu memilih menunda memberikan ASI hingga sang bayi benar-benar merasa lapar. Padahal keputusan itu justru akan membuat bayi berlaku sedikit kasar, bahkan menggigit puting payudara.

3. Jaga Payudara Tetap Kering
Jagalah agar payudara tetap kering dan bersih. Pilihlah baju atau bra yang terbuat dari katun yang dapat menyerap keringat dan memperlancar sirkulasi udara. Setelah menyusui, sebaiknya tunggulah sampai payudara benar-benar kering dulu sebelum mengenakan bra. Namun hati-hati, jangan menggosok puting payudara terlalu keras untuk mengeringkannya.

4. Oleskan ASI
Usai bayi menyusui, oleskan puting payudara dengan satu atau dua tetes ASI dan tunggu hingga kering sendiri. Jangan menggunakan krim atau produk lain tanpa resep dari dokter.

6. Kompres Dengan Air Dingin
Kompres payudara dengan es batu yang telah dibalut dengan handuk bila sakit pada payudara tidak tertahankan.

7. Pakai Bra Yang Berukuran Pas
Bra menyusui atau bra yang terlalu ketat bisa membuat payudara terasa kebas atau sakit. Agar bra Anda bisa menopang beban payudara, Anda bisa memakai bra khusus menyusui yang ada kawatnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Jus Bayam dan Madu Dipercaya Dapat Mengatasi Kram Akibat Haid

Jus Bayam dan Madu Dipercaya Dapat Mengatasi Kram Akibat Haid

Jakarta – Bagi setiap perempuan yang telah memasuki usia menstruasi pasti akan merasakan nyeri atau ...