Home > Ragam Berita > Nasional > Polri Lakukan Investigasi Terkait Penembakan Warga Sipil di Deiyai

Polri Lakukan Investigasi Terkait Penembakan Warga Sipil di Deiyai

Jakarta – Oknum anggota Polri diduga terlibat dalam insiden penembakan yang menewaskan seorang warga sipil di Kabupaten Deiyai Papua pada 1 Agustus 2017. Masyarakat pun mengadukan kasus tersebut kepada polisi.

Polri Lakukan Investigasi Terkait Penembakan Warga Sipil di Deiyai

Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian menegaskan, pihaknya tidak bisa langsung menerima mengatakan laporan tersebut. “Semua harus melalui sebuah investigasi. Tim dari Mabes sudah turun untuk membantu Polda Papua melakukan investigasi di Deiyai. Kami tidak menutup diri, sehingga Komnas HAM RI dan Komnas HAM perwakilan Jayapura juga kami libatkan langsung,” kata Tito Karnavian pada Minggu (13/8/2017).

Tito menjelaskan, beberapa kelompok tertentu kerap membesar-besarkan masalah di Papua. “Arahnya sudah kami ketahui dan semua informasi seperti itu sengaja di eksploitasi dalam rangka mengenduskan agenda politik Papua yang saat ini menjadi hangat di dunia internasional”, kata Tito.

Karena itu, lanjut dia, kita harus lakukan investigasi secara detail sehingga kasus ini jelas, tidak menimbulkan kecurigaan yang lebih ditengah-tengah masyarakat Papua.

Baca juga: Nama Setnov Hilang Dalam Vonis E-KTP, KY Lakukan Pemeriksaan

Tito menambahkan, jika hasil investigasi memang benar bahwa anggota Brimob tersebut melakukan penembakan sepihak tanpa adanya perlawanan maka itu adalah Pidana dan harus diproses.

“Tapi sebaliknya, jika anggota yang melakukan pengamanan kemudian diserang menggunakan alat tajam yang mengancam keselamatan oranglain maupun anggota tersebut, maka Undang-undang KUHP Pasal 46 dan Pasal 47 membolehkan anggota mengambil tindakan untuk menyelamatkan diri. Maka kita tunggu saja hasilnya”, ujar Tito Karnavian. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Baswedan : "Di Hari Pertama Masuk Sekolah, Antarkanlah Anak-Anak Kita"

Anies Baswedan : “Di Hari Pertama Masuk Sekolah, Antarkanlah Anak-Anak Kita”

Jakarta – Pada hari pertama masuk sekolah yang jatuh pada Senin (16/7/2018) besok, Gubernur DKI ...