Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri Menyebut Indonesia Punya Potensi Menjadi Negara Adi Daya

Kapolri Menyebut Indonesia Punya Potensi Menjadi Negara Adi Daya

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar menjadi negara adi daya atau superpower.

Kapolri Menyebut Indonesia Punya Potensi Menjadi Negara Adi Daya

“Tidak semua negara memiliki potensi selengkap Indonesia,” ujarnya.

Simposium nasional bertema Bangkit Bergerak, Pemuda Indonesia Majukan Bangsa itu juga menghadirkan sejumlah nama kondang sebagai pembicara. Antara lain Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif, serta Direktur The Wahid Institute Yenny Wahid.

Lebih lanjut Tito menjelaskan, hanya lima negara yang memiliki potensi untuk menjadi negara adidaya. Yakni Tiongkok, India, Amerika, Rusia dan Indonesia.

Karena itu Tito meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk bersyukur karena memiliki potensi menjadi negara adidaya. Namun, untuk menjadi negara adidaya memang membutuhkan konsolidasi internal dengan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, seluruh anak bangsa harus mampu membuat terobosan dan inovasi dalam bidang sains dan teknologi. Pasalnya, bangsa yang tidak mampu berinovasi akan makin tertinggal.

“Bangsa ini lahir karena peran pemuda dan mahasiwa. Mereka inisator terbentuknya negara ini,” katanya.

Acara itu dihadiri berbagai pimpinan organisasi organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP). Antara lain GMKI, KAMMI, PMKRI, HMI, IMM, GMNI, Hikmahbudhi, KMHDI, Pemuda Muhammadiyah, GP Ansor KNPI dan lain-lain.

Acara juga dihadiri organisasi sayap PDI Perjuangan seperti Repdem, Banteng Muda Indonesia dan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi). Organisasi sayap partai lain pun ikut hadir dia acara itu, yakni Sapma Hanura, Matara PAN, AMPG dan Garda Nasdem.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Fahri Hamzah Buka-bukaan Lagi Soal Kondisi Internal PKS

Fahri Hamzah Buka-bukaan Lagi Soal Kondisi Internal PKS