Home > Ragam Berita > Nasional > Bagi KPK, Johannes Marliem Bukan Saksi Kunci Kasus e-KTP

Bagi KPK, Johannes Marliem Bukan Saksi Kunci Kasus e-KTP

Jakarta – Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan bahwa Johannes Marliem yang ditemukan tewas akibat bunuh diri di Amerika Serikat bukanlah saksi kunci kasus korupsi e-KTP.

Bagi KPK, Johannes Marliem Bukan Saksi Kunci Kasus e-KTP

Febri Diansyah menjelaskan, KPK juga tidak pernah menjadikan Johannes Marliem sebagai saksi untu terdakwa untuk dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto.

“Perlu juga kami sampaikan bahwa sampai dengan hari ini, terutama di proses persidangan e-KTP, Irman dan Sugiharto yang sudah dilakukan, Johannes Marliem bukanlah saksi dalam proses tersebut,” ujar Febri di Gedung KPK Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017).

Bagi KPK, Johannes Marliem bukanlah saksi kunci dari kasus e-KTP meskipun dia mempunyai rekaman pertemuan pihak-pihak yang terlibat proyek e-KTP.

“Bagi KPK sebenarnya kami tidak pernah menyebut istilah tersebut (saksi kunci) karena saksi-saksi yang kita periksa di persidangan ada sekitar 110 orang,” kata Febri.

Tanpa rekaman yang dimiliki Johannes pun menurut Febri KPK sudah memiliki dua alat bukti yang kuat yang bisa menjerat para tersangka.

“Dan kami sudah mempunyai bukti permulaan yang cukup, bahkan lebih dari minimal dua alat bukti untuk menetapkan lima tersangka. Kalaupun nanti ada bukti-bukti lain atau tambahan untuk memperkuat, saya kira itu sedang dalam proses juga, karena penyidikan juga sedang berjalan,” katanya.

Febri menambahkan, nama Johannes Marliem juga tidak termasuk dari daftar saksi yang akan dihadirkan oleh jaksa dalam persidangan dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong yang sedang berlangsung.

“Dari sekitar hampir 150 orang saksi di sana. Dari 100-an saksi itu juga tidak ada nama Johannes Marliem yang saya amati,” kata Febri.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

TKN Jokowi-Ma'ruf Kritik Prabowo Yang Dinilai Selalu Pakai Bahasa Negatif

TKN Jokowi-Ma’ruf Kritik Prabowo Yang Dinilai Selalu Pakai Bahasa Negatif

Jakarta – Prabowo Subianto kali ini menyatakan bahwa mimpi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia luntur oleh ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135