Home > Unik > Misteri > Pakar Fisika Ungkap Bukti Bahwa Hantu Itu Tidak Ada

Pakar Fisika Ungkap Bukti Bahwa Hantu Itu Tidak Ada

Jakarta – Siapa yang tak takut dengan sosok hantu. Namun ketahuilah, ternyata menurut pakar fisikawan hantu tidaklah benar-benar ada. Benarkah? Simak penjelasannya.

Pakar Fisika Ungkap Bukti Bahwa Hantu Itu Tidak Ada

Brian Cox seorang fisikawan dalam podcast “The Infinite Monkey Cage” di BBC 4 yang secara khusus membahas fenomena metafisika menyatakan bahwa hantu itu tidak ada.

Dilansir dari Science Alert, Kamis (23/2/2017), menurut Cox, hantu tak pernah ada karena detektor keberadaan hantu paling ampuh sedunia di Large Hadron Collider (LHC) pun sampai kini tak pernah berhasil mendeteksi keberadaannya.

LHC sendiri merupakan akselerator partikel terbesar, terdiri atas magnet mahakuat dan akselerator yang melemparkan partikel hingga bisa berinteraksi satu sama lain.

Sehingga, LHC dapat melihat perilaku partikel. Darisanalah, para ilmuwan dapat sedikit demi sedikit mampu mengungkap misteri alam semesta.

Proyek LHC sebelumnya telah mengonfirmasi Higgs Boson alias “partikel Tuhan”. Sehingga, jika ada hantu, seharusnya LHC juga mampu mendeteksinya.

Cox menambahkan, jika benar-benar ada, hantu murni terdiri atas energi, bukan materi. Namun, jika tersusun atas energi, hantu seharusnya cepat hilang menjadi panas.

Hal tersebut sesuai dengan Hukum II Termodinamika yang menyatakan, total entropi dalam sistem selalu meningkat, artinya energi hilang dan berubah menjadi panas.

Baca juga: Motor Hantu Jalan Sendiri Hebohkan Netizen, Ternyata Ini Cerita Awalnya

Cara yang hanya bisa dilakukan oleh hantu untuk eksis dalam waktu lama adalah dengan adanya sumber energi dari hantu itu sendiri. Namun kenyataannya hingga kini, energi itu tidak terdeteksi oleh LHC. Sehingga, keberadaan hantu dapat dikatakan melanggar Hukum II Termodinamika. (Rere – www.harianindo.com)

x

Check Also

Simak Foto Gerhana Bulan Yang Terjadi Semalam

Simak Foto Gerhana Bulan Yang Terjadi Semalam

Jakarta – Fenomena alam yang terjadi di muka bumi terkadang selalu menarik perhatian banyak orang. ...