Home > Unik > Ini Jawaban Mengapa Burung Flamengo Suka Berdiri Dengan Satu Kaki

Ini Jawaban Mengapa Burung Flamengo Suka Berdiri Dengan Satu Kaki

Jakarta – Flamingo merupakan mahluk yang unik, selain memiliki kaki yang panjang dan kurus dengan bulu yang berwarna flamboyant, ia juga terbiasa berdiri menggunakan satu kaki baik dalam kondisi bangun ataupun tertidur.

Ini Jawaban Mengapa Burung Flamengo Suka Berdiri Dengan Satu Kaki

Hal ini menjadikan peneliti dari Amerika Serikat penasaran akan tingkah uniknya ini. Faktanya, justrtu Flamingo akan mengeluarkan energy lebih banyak ketika berdiri dengan dua kaki daripda hanya menggunakan satu kaki.

Prof Young Hui Chang dari Georgia Institute of Technology di Atlanta, AS, dan Lena H Ting dari Emory University di Atlanta dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Biology Letters, menyebutkan, tubuh flamingo yang sudah mati ternyata bisa dibuat berdiri dengan satu kaki tanpa bantuan sama sekali dan menyebut fenomena ini sebagai mekanisme berdiam gravitasional pasif.

Dilansir dari BBC News, Prof Chang mengungkapkan, jika Anda melihat burung flamingo dari depan, ketika mereka berdiri dengan satu kaki, kaki tersebut berada tepat di bawah tubuh mereka. Artinya, kaki mereka miring ke arah dalam. Inilah pose yang harus Anda lakukan untuk melakukan mekanisme berdiam tersebut.

Justru sebaliknya, burung flamingo yang sudah mati justru tidak bisa berdiri sendiri dengan dua kaki. Hal ini membuktikan bahwa pose tersebut membutuhkan otot yang aktif untuk dilakukan.

Para juga melakukan pengmatan pada burung flamingo yang masih hidup. Hasilnya menyebutkan, flamingo mampu tidur dan tidak bergerak sama sekali ketika berdiri dengan satu kaki.

Baca juga: Kejam, Akun Khabieer Mohamed Ini Menguliti Dan Menyantap Burung Kaswari

Menurut Dr Matthew Anderson, psikolog eksperimental yang berspesialisasi pada perilaku hewan menyebutkan, flamingo berdiri dengan satu kaki guna mempertahankan temperatur tubuhnya. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Salut, Kakek Berusia 63 Tahun Ini Mudik Ke Kampung Halaman Naik Sepeda

Salut, Kakek Berusia 63 Tahun Ini Mudik Ke Kampung Halaman Naik Sepeda

Jakarta – Faktor usia memang bukanlah menjadi penghambat bagi seorang kakek bernama Wibowo. Diketahui, kakek ...