Home > Ragam Berita > Nasional > HUT RI Ke-72, Gereja di NTT Gelar Upacara Bendera

HUT RI Ke-72, Gereja di NTT Gelar Upacara Bendera

Jakarta – Ribuan umat Katolik di Betun, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengikuti misa di Gereja Santa Maria Fatima Betun, Rabu (16/8/2017).

HUT RI Ke-72, Gereja di NTT Gelar Upacara Bendera

Upacara bendera di dalam Gereja

Misa yang dipimpin oleh Deken Malaka Romo Edmundus Sako, Pr itu dihadiri oleh Wakil Bupati Malaka Daniel Asa, sejumlah Anggota DPRD Malaka bersama para pimpinan Organisasi Perangkat Darah (OPD) Kabupaten Malaka, para camat, kepala desa, guru dan para siswa.

Baca juga : Jokowi Sentil Masalah Korupsi di Sidang Tahunan MPR

Perayaan misa kali ini bertajuk misa negara terlihat berbeda seperti biasanya, karena dirangkaikan dengan pembacaan teks proklamasi, penghormatan kepada bendera merah putih dan pekikan kemerdekaan oleh pastor dan diikuti semua peserta.

Teks proklamasi, dibacakan oleh Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Malaka Bernadetha Kiik. Bendera merah putih berukuran kecil yang sudah berada di depan altar dipegang oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malaka Ferdinandus Rame, lalu dilakukan penghormatan secara bersama oleh pastor Edmundus, para pejabat dan seluruh umat yang hadir.

Usai penghormatan bendera, dilakukan pemberkatan bendera merah putih yang akan dikibarkan besok, oleh Pastor Edmundus.

Pastor Edmundus Sako mengatakan, perayaan misa yang dibarengi upacara bendera di dalam gereja ini baru pertama kali digelar di Kabupaten Malaka. Kegiatan ini sebut dia, sebagai ungkapan bahwa antara gereja dan bangsa saling mendukung dalam setiap kegiatan.

“Kita apresiasi terhadap Pemda Malaka dan gereja tetap mendukung bangsa untuk pertahankan NKRI dan merah putih. Apalagi Malaka berada di garis perbatasan. Saya juga sanga terkesan dan juga mengingatkan bahwa seremonial ini menunjukkan kita itu katolik 100 persen dan Indonesia 100 persen,” ucapnya.

(Ikhsan Djihandar – harianindo.com)

x

Check Also

Secara Khusus, Presiden Jokowi Ajak Zohri Berkeliling Istana Bogor

Secara Khusus, Presiden Jokowi Ajak Zohri Berkeliling Istana Bogor

Bogor – Baru-baru ini, juara dunia lari 100 meter, Lalu Muhammad Zohri mendapat kesempatan untuk ...